Ketoprak Rukun Karya Sumenep, Gebrak Jakarta Malam ini

0
1615

Dmagz.id – Ketoprak Sumenep Rukun Karya akan manggung di Jakarta. Berita sebelumnya bisa di baca di https://dmagz.id/budaya/jelang-tahun-baru-2019-ludruk-rukun-karya-sumenep-akan-manggung-di-jakarta/

Penampilan kesenian khas Jawa Timur ini, merupakan penampilan pertama mereka dan manggung di Ibu Kota.

Rombongan Rukun Karya sudah tiba sekitar jam 9 pagi di Kalibata, Jakarta Selatan kemarin, Sabtu 29/12/2018. Mereka membawa rombongan 75 orang. Seluruh crew dan asisten membawa 1 bus ukuran penuh, satu truck, dan satu bus mini. Mereka terdiri dari pemain,keluarga besar Rukun Karya, serta para awak kemudi dan asisten.

Rombongan disambut hangat oleh Kepala Produksi, KH. Muhammad Shalahuddin atau Ra Mamak, yang juga warga Madura, dan merupakan salah seorang pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep,salah satu pesantren paling tua di Madura.

Bertempat di Villa Mediapura, Pancoran Barat, Ra Mamak menyampaikan ucapan selamat datang serta menyampaikan salam dari keluarga besar Gus Dur, khususnya Konsorsium Kader Gus Dur dan mbak Yenny Wahid serta istri mendiang bapak bangsa Ibu Shinta Nuriyah Wahid.

Lebih lanjut, Ra Mamak menjelaskan bahwa kehadiran Rukun Karya, merupakan sarana edukasi dan belajar serta bertemuanya berbagai kelompok budaya, khususnya masyarakat Madura. Bahkan, mengutarakan harapannya di dalam pertemuan tersebut tentang kemungkinan kembalinya Rukun Karya ke Jakarta pada tahun yang akan datang.

Hal ini direspon positif oleh perwakilan kesenian yang sangat tenar di kawasan pulau Madura ini. Encung Haryadi, selaku sutradara sekaligus juru bicara menyampaikan ucapan terima kasih kepada pelaksana dan penyelenggara, khususnya keluarga Gus Dur, serta menyambut baik peluang kedatangan mereka kembali pada kesempatan yang akan datang.

Bertempat di Rumah Pergerakan Gus Dur, Jalan Kalibata Timur I No 12, Jakarta Selatan. Pertunjukan sudah dimulai sejak pukul 19.00 WIB malam ini, Ahad, 30/12/2018.

Antusiasme penonton sangat positif, salah satu Penonton Rahmat dari Cilegon bahkan sangat tidak menyangka bahwa kesenian yang dulu ditontonnya dikampung (Madura), bisa ia tonton kembali sekarang di Jakarta.

“Terima kasih panitia, khususnya Mbak Yenny, dan Keluarga Gus Dur sudah memberikan suguhan hiburan yang baik, tanpa perlu pulang kampung,”jelas Rahmat.

Beberapa komunitas masyarakat Madura juga hadir dari berbagai daerah di Jakarta dan Banten. Terutama ketua Ikatan Keluarga Madura (IKAMA),yaitu H. Muhammad Rawi.

“Sudah terkonfirmasi, komunitas Madura di Cilegon, Ciputat, Cipinang dan lainnya akan hadir. Beberapa kelompok mahasiswa juga dipastikan hadir. Penonton diperkirakan mencapai lebih dari 400 orang,” jelas Ra Mamak mengkonfirmasi jumlah peserta.

Selain komunitas masyarakat Madura yang ada di Jakarta dan sekitarnya, direncanakan acara ini juga akan dihadiri oleh ibu Shinta Nuriyah Wahid beserta keluarga besar Gus Dur lainnya.

Yenny Wahid, Ketua Konsorsium Kader Gus Dur selaku pengundang Rukun Karya, juga terlihat memberikan sambutan kepada seluruh masyarakat yang hadir, dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran kelompok kesenian Rukun Karya jauh-jauh dari Madura. Hadir pula, mantan Kapolri Jendral (Purn) Badrodin Haiti, Serta juga Sekretaris Jendral TKN Jokowi Ma’ruf, Abdul Kadir Karding, dan hadir pula Dr.Syaiful Ma’arif, SH.MH.CN selaku Wadir Penggalangan Dan Jaringan TKN Jokowi-Ma’ruf.

Selanjutnya, rombongan Rukun Karya dijadwalkan bertemu keluarga besar Gus Dur di kediaman Nyai Shinta Nuriyah Wahid, Ciganjur, sebelum bertolak ke Madura, Selasa 01/12/2019.

LK-Surabaya.