Selain itu, Gita Noviandi, Sekretaris Jenderal Perkumpulan Filatelis Indonesia, berhasil membawa pulang Medali Emas di Singapura tahun 2016 yang lalu, diajang event Filateli tingkat Internasional, dengan tema Pramuka dengan judul koleksi “One World, One Promise”.

Lewat rilis media yang kami terima, Bahkan Gita Noviandi menyatakan bahwa dirinya telah mengoleksi Filateli seri Kepanduan atau Pramuka secara khusus. Bahkan, menurutnya ia telah mengoleksi berbagai jenis Filateli dari hampir seluruh dunia.

“Saya mengoleksi benda Filateli hampir seluruh dunia dan tentang Pramuka. Dimulai dari benda filateli yang menujukan mulai dari sejarah kepanduan, Bapak Pandu sedunia Lord Baden Powell, Bapak Pandu Indonesia Sri Sultan Hamengkubuwono IX, kecakapan pramuka, aktifitas dan nilai-nilai positif Pramuka melalui benda filateli”, papar Gita Noviandi yang saat ini berdomisili di Bandung, Jawa Barat.

Sedangkan GKR Mangkubumi, yang juga merupakan Ketua Kwartir Daerah DIY menyapaikan bahwa menurutnya, koleksi dan Filateli memiliki keunikannya sendiri.

“Saya sangat mendukung para Pramuka di Indonesia dan khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk mendokumentasikan sejarah Pramuka melalui Filateli. Karena belajar dengan media Prangko, atau lebih dikenal dengan Filateli menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri untuk kita. Apalagi mengenal Kepanduan dengan Filateli, menjadikan pengetahuan kita semakin matang tentang Pramuka”, ungkapnya.

Indonesia sendiri sebenarnya sangat sering sekali menerbitkan Prangko seri Pramuka. Setidaknya, seri kepanduan Indonesia atau Pramuka, menurut data Perkumpulan Filatelis Indonesia, hingga saat ini sudah tercatat telah terbit 19 kali, sejak tahun 1955 – 2019.

LK-SURABAYA