Dmagz.id – Merayakan hari kemerdekaan yang jatuh setiap Agustus pada setiap tahunnya, mang selalu dirayakan dengan sukacita oleh seluruh bangsa Indonesia, dari semua unsur masyarakat. Mulai siswa sekolah hingga berbagai organisasi kemasyarakatan dari segala lapisan masyarakat lintas Suku, Ras, dan Golongan. Beragam kegiatan juga di lakukan di seluruh pelosok negeri, mulai dari hias kampung, serta juga berbagai jenis lomba yang di gelar, serta juga hiburan yang selalu menjadi tradisi agustusan. Bahkan di seluruh jalan-jalan penuh dengan nuansa merah putih saat bulan Agustus untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.

Tapi, di salah satu daerah di pulau Madura, tepatnya di kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep Pengurus Anak Cabang Jam’iyah Ruqyah Aswaja (PAC JRA) yang juga merupakan salah satu organisasi yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU), salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, merayakan nuansa kemerdekaan dengan cara yang berbeda. Mereka melakukan aksi dan Bhakti Sosial kepada masyarakat dengan melakukan pengobatan gratis. Dimana masyarakat tidak dipungut biaya apapun untuk berobat, bahkan tidak hanya keluhan penyakit medis tapi juga penyakit non-medis.

Foto : Masyarakat yang mengikuti pengobatan Medis dan Non-medis gratis oleh LKNU dan JRA.

Menurut Ketua Lembaga Kesehatan Nahdhatul Ulama (LKNU) Kecamatan Ambunten, Wakit Norussalam, M.Pd.I mengatakan, bahwa peserta yang hadir mencapai hampir 100 orang. Peserta beberapa merupakan perwakilan dari seluruh Pengurus Ranting NU se-Kecamatan Ambunten.

Bahkan, menurut Wakit, dari total peserta yang hadir hampir separuh merupakan masyarkat dengan keluhan penyakit non-medis.

Hadir dalam acara ini beberapa perangkat daerah seperti Camat Ambunten, Kepala Puskesmas Ambunten. Serta juga KH. Uwais Ali Hisyam, sebagai Ketua Tanfidziyah, serta juga KH. Fauzi Hasbullah yang merupakan Rois Suriah Ambunten.

Dalam sambutannya, KH. Uwais Ali Hisyam, sebagai Ketua Tanfidziyah Kecamatan Ambunten yang juga merupakan tokoh masyarakat setempat menyampaikan, kegiatan ini bisa menjadi media silaturrahmi, dan diharapakan juga bisa menjadi sarana untuk meringankan beban masyarakat sekitar, khususnya warga Nahdliyyin untuk berobat dan sehat.

“Semoga kegiatan baksos dan pengobatan gratis ini, bisa meringankan beban masyarakat Nahdliyyin yang ada di Kecamatan Ambunten terutama d tengah mahalnya harga obat-obatan”, jelasnya dalam sambutannya Rabu, (28/08/2019).

Sedangkan menurut Rois Suriah Ambunten, KH. Fauzi Hasbullah juga menyampaikan bahwa kader NU di semua tingkatan memang sudah harus turun dan berperan aktif untuk mendampingi kebutuhan masyarakat, warga Nahdliyyin di Kecamatan Ambunten khususnya.

LK-Surabaya.