Dmagz.id – Perkembangan digital yang semakin pesat, melahirkan banyak sekali inovasi menarik. Ada beberapa startup nasional yang akhirnya mampu menjadi icon bisnis masa kini. Hal ini tak lepas karena berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh para pengusaha muda, dari generasi millenial ini. Misalnya saja seperti Bukalapak, atau Gojek. Dimana saat ini, menjadi salah satu perusahaan digital yang memiliki valuasi nilai yang fantastis.
Saat ini ada salah satu komunitas forum profesional para sales, yang berbasis di salah satu aplikasi chating messager (WhatsApp) juga melakukan terobosan baru, yaitu diskusi secara online via chating dengan beberapa narasumber terkemuka dengan level nasional. Komunitas ini adalah, Komunitas Para Sales Super Nusantara atau disingkat KONUS.
Seperti malam ini, KONUS menghadirkan salah satu narasumber muda yang membahas salah satu topik menarik, yaitu “Bagaimana Public Relation yang Profesional Mampu Hand in Hand Bersinergi dengan Pemerintah”.
Narasumber KONUS kali ini adalah Della Prawesti, yang merupakan Founder “Goosee House of Idea“. Sebuah startup yang konsen di bidang Media, Public Relation dan Event Specialist.
Menurut Della dalam forum ini, Fungsi utama Public Relation adalah menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antar-lembaga (organisasi) dengan publiknya, internal maupun eksternal dalam rangka menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dakam upaya menciptakan iklim pendapat (opini publik) yang menguntungkan lembaga organisasi.
Menurut Magister ilmu Journalism, Media and Social Culture ini, Aktifitas public relations adalah menyelenggarakan komunikasi timbal balik (two ways traffic communications) antara lembaga dengan publik yang bertujuan untuk menciptakan saling pengertian dan dukungan bagi tercapainya tujuan tertentu, kebijakan, kegiatan produksi, demi kemajuan lembaga atau citra positif lembaga bersangkutan. Kegiatan public relations sangat erat kaitannya dengan pembentukan opini publik dan perubahan sikap dari masyarakat.
Sedangkan untuk tujuannya dibagi dalam beberapa hal yaitu, Perfomance Objective, dan Support of Customer Market Objective. Sedangkan Public Relations yang profesional mampu hand in hand serta bersinergi dengan pemerintah, untuk membangun narasi komunikasi kebijakan publik yang efektif & kontekstual sosial-budaya setempat.
Dalam implementasinya menurut wanita yang juga sudah melanglang buana di beberapa perusahaan nasional ternama seperti PT Hivemind Digital Media sebagai Head of Business Development, serta juga sebagai Corporate Advertising di salah satu Holding company media nasional Kompas Gramedia, hal ini dapat dilakukan dengan beberapa hal yaitu, Build Relationship, Value, dan Solusi.
Bahkan interaksi antar sesama anggota di forum ini juga terlihat sangat antusias, dengan saling memberikan pertanyaan. Dan dengan sangat lugas narasumber menjawab beberapa pertanyaan yang ada via chating, misalnya dengan salah satu pernyataan tentang dunia public relation.
“Edifikasi sangat diperlukan sebagai seorang PR. Karena PR wajib bersikap, berpikir serta bertutur kata yg baik. Karena PR merepresentasikan Lembaga atau Perusahaan yg menaunginya. PR juga bisa dikatakan sbg Brand Identity. Salah satu tugasnya ialah memberikan informasi dan meluruskan Disinformasi, sehingga kemampuan Public Speaking juga sangat diharapkan dimiliki oleh seorang PR,” jelas Della.
Hal itu menjawab pertanyaan salah seorang anggota bernama Marlina, yang menanyakan apakah dalam public relation dominan mengandung unsur edifikasi dan public speaking?
Yudi Ananta, Founder dari KONUS menjelaskan bahwa komunitas ini dibangun untuk menjembatani dan menjadi ajang silaturrahmi sesama anggota, dengan menghadirkan value lebih yaitu narasumber yang berkompeten di beberapa bidang, misalnya malam ini terkait dunia public relation, dan berganti tema dengan berbagai narasumber yang konsisten dihadirkan dalam forum diskusi online secara konsisten via aplikasi chating ini.
Sampai sejuah ini, anggota dari forum ini sudah 256 peserta dari seluruh bidang usaha, dan seluruh Indonesia. Bahkan, forum diskusi ini sudah menyabet beberapa penghargaan dari sebuah lembaga rekor nasional dan dunia yaitu, Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (LEPRID), dengan berbagai kategori baik secara komunitas dan beberapa anggota yang tergabung di dalamnya.
LK-Surabaya.