Dmagz.id (Surabaya) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sore ini Minggu (18/04/2020) melakukan pertemuan dengan beberapa kepala daerah tingkat kota, diantaranya Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Saefuddin, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik.

Pertemuan yang berlangsung di Gedung Negara Grahadi membahas rencana penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dalam upaya penanganan Covid-19. Usai pertemuan, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa para kepala daerah sepakat untuk menerapkan PSBB, seiring dengan kondisi di 3 wilayah tersebut, dimana peningkatan pasien positif Covid-19 sangat signifikan.

“Alhamdulillah dalam pertemuan yang berlangsung sore ini, kita bersepakat untuk menerapkan PSBB, seiring dengan kondisi Covid-19 yang terus meningkat”, ujar Khofifah.

Khofifah juga mengatakan, secara rinci penerapan PSBB akan dibahas secara detail di masing-masing wilayah dengan melibatkan aparat keamanan TNI dan Polri.

“Nantinya penerapan PSBB akan dibahas secara detail di masing -masing wilayah dengan menyertakan DPRD, Polisi dan TNI”, tambahnya.

Gubernur Jatim yang juga merupakan Ketua Umum Muslimat NU ini juga melanjutkan bahwa nantinya, penerapan PSBB ini akan dituangkan dalam Peraturan Gubernur (Pergub) yang rencananya dibahas malam ini. Sementara di daerah, akan didasarkan para peraturan kepala daerah yang juga akan disusun dalam waktu secepatnya. Sehingga diharapkan nantinya peraturan-peraturan tersebut, akan di ajukan ke Menteri Kesehatan untuk bisa mendapatkan persetujuan.

“Kita akan bahas rencana ini, dan nanti akan dituangkan baik dalam peraturan gubernur maupun peraturan daerah dan diajukan kepada Menteri Kesehatan”, tambah mantan menteri sosial ini.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Jatim Khofifah sempat memuji kinerja Walikota Surabaya Tri Rismaharini, dalam menciptakan ramuan jamu yang dinilai istimewa.

“Hari ini saya mendapatkan jamu dari Bu Risma, Wedang Pokak, ternyata bisa membuat saya berkeringat. Ya nanti resepnya bisa di bagi dengan Pemprov agar kita semua menjadi sehat”, pungkasnya.

==
LK-SURABAYA.