Dmagz.id – Minat baca orang Indonesia menunjukkan penurunan. Dan ini adalah ancaman, ditengah maraknya gadget dan games yang semakin berkembang pesat di era digital dewasa ini.

Dikutip dari kompas.com, Rata-rata orang Indonesia hanya membaca buku 3-4 kali per minggu, dengan durasi waktu membaca per hari rata-rata 30-59 menit.
Sedangkan, jumlah buku yang ditamatkan per tahun rata-rata hanya 5-9 buku.
Hal itu diungkapkan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani di gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (26/3/2018).
“Itu berdasarkan hasil penelitian perpustakaan nasional tahun 2017,” kata Puan.
Link berita : https://nasional.kompas.com/read/2018/03/26/14432641/per-hari-rata-rata-orang-indonesia-hanya-baca-buku-kurang-dari-sejam

Di Surabaya, baru-baru ini ada gerakan Satu Juta Anak Cerdas Membaca. Penggagasnya adalah EllenĀ Gracia, seorang perempuan yang dengan sangat peduli dan antusias terhadap nasib minat baca anak-anak di Indonesia. Ellen, sapaan akrabnya tanpa lelah bergerilya ke seluruh pelosok Surabaya dan sekitarnya.

“Kami mau mendukung program pemerintah dalam memberantas buta huruf di Negara Indonesia tercinta. Agar kemajuan pendidikan dan peningkatan kualitas hidup rakyat Indonesia dapat terwujud”. Jelas Ellen di salah satu acaranya di SMPN 3 Krian Sidoarjo, Minggu (21/10/2018).

Acara kali ini didukung oleh beberapa pendukung acara, yang kebetulan juga merasa punya visi dan misi yang sama terhadap isu minat membaca anak Indonesia. Salah satunya adalah Titis Imez dari Talenta Coaching, yang juga tak kalah antusias berinteraksi dengan anak-anak saat acara berlangsung.