Surabaya, Dmagz.id – Badan Ekonomi Kreatif mengkloning program Kreatifood yang dinilai sukses pada 2018, dengan memberikan fasilitasi pada pelaku usaha kreatif khusunya dibidang kuliner melalui kegiatan Kreatifood Festival 2019, yang disosialisasikan di Wyndham Hotel, Surabaya, Jum’at (5/4/19).
Kreatifood Festival 2019, sebelumnya telah digelar di 4 kota besar di Indonesia diantaranya Medan, Semarang, Mataram dan Malang, Bekraf kini membidik kota pahlawan sebagai tempat digelarnya Kreatifood Expo 2019. Yang direncanakan berlangsung pada 5-7 juli 2019 di Ciputra Word, Surabaya dengan total 200 booth yang terbagi ke dalam 5 zona yaitu: zona ready to eat, zona ready to drink, zona ingredients, zona food service, dan zona food innovation. Dengan luas area 1.300m2.
Program ini merupakan hasil kolaborasi antar Deputi Bekraf diantaranya Deputi Pemasaran khususnya Direktorat Pengembangan Pasar Dalam Negeri dan Deputi Akses Permodalan bekerjasama dengan Perkumpulan FoodStartup Indonesia dan Foodlab Indonesia.
Kegiatan Sosialisasi Kreatifood 2019 ini sedikitnya dihadiri oleh 251 orang pelaku ekraf subsektor kuliner dan dibuka langsung oleh Muhammad Jufry selaku Kepala Sub Direktorat Pasar Segmen Retail Dalam Negeri, Jufry dalam sambutannya mengatakan, Sosialisasi Kreatifood 2019 adalah salah satu upaya Bekraf untuk mengembangkan ekosistem subsektor kuliner di Indonesia.
Dengan adanya Kreatifood, diharapkan para pelaku ekonomi kreatif di bidang kuliner dapat terfasilitasi serta memperluas jangkauan di pasar domestik hingga tercipta titik temu transaksi jual beli antara produsen dan konsumen. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membentuk ekosistem yang positif bagi perkembangan ekonomi kreatif yang tersinergi antara pemerintah, pelaku kreatif, investor, calon konsumen dan masyarakat.