Dmagz.id (Surabaya) – Saat kunjungan ke Kabupaten Mojokerto, Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, juga melakukan audiensi, dan sesi tanya jawab antara Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, bersama Bupati Pungkasiadi. Serta juga didampingi oleh segenap tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Kabupaten Mojokerto.

Ada beberapa pertanyaan yang diajukan, khususnya kepada GTPPC Kabupaten Mojokerto, terkait lompatan angka kesembuhan yang menjadikan Kabupaten Mojokerto menjadi zona Oranye, setelah sebelumnya sempat menjadi zona merah.

Bupati Mojokerto, Pungkasiadi pun menjelaskan dengan detail berbagai macam upaya yang sudah dilakukan oleh semua pihak di Kabupaten Mojokerto. Salah satunya adalah dengan komunikasi yaitu koordinasi lintas gugus tugas, atau teknis pelaksanaan pendidikan sekolah, serta treatment-treatment khusus pencegahan Covid-19. Menurutnya tidak ada yang khusus, tapi kuncinya menurutnya adalah pada eksekusi dan implementasi protokol yang ketat saat di lapangan.

“Tracing, tracking kita lakukan terus. Tidak ada yang khusus, tapi standartnya kita jalankan semua secara ketat. Kita juga lakukan tes rapid gratis untuk masyarakat, tempat-tempat ramai di malam minggu kita tutup, hingga edukasi protokol kesehatan dengan inovasi Mobil Motor Dolan-Dolan. Beberapa waktu lalu Surabaya Raya dan daerah penyangga termasuk kami, dipanggil provinsi untuk koordinasi intens upaya pencegahan Covid-19,” jelas Bupati Pungkasiadi melalui siaran persnya Rabu (22/07/2020).

Salah satunya juga menurutnya adalah inovasi cairan probiotik. Namun khusus mengenai cairan Probiotik, hal tersebut dijabarkan langsung oleh Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander, yang juga hadir dalam audiensi ini.

Dony mengatakan, Probiotik adalah salah satu ikhtiar pemerintah dalam menanggulangi pandemi ini. Karena menurutnya, alasan paling sederhana adalah karena sampai saat ini, vaksin resmi pengobatan Covid-19 masih belum ditemukan. Dony juga menyampaikan bahwa cairan Probiotik ini hanya merupakan fungsi menjaga imunitas dengan bahan-bahan tradisional yang ada.

“Probiotik ini berasal dari Profersor Ahli bakteri di Pandaan. Ini ikhtiar kami, tentunya dengan mengutamakan kesehatan. Probiotik adalah treatment tradisional, sifatnya untuk meningkatkan imunitas,” jelasnya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga menjelaskan bagaimana proses belajar mengajar dan aktivitas pendidikan sekolah, sama dengan daerah lainnya, dan sesuai himbauan pusat bahwa teknis pembelajaran selama ini juga dengan sistem daring atau online. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Zainul Arifin.

“Pembelajaran masih menggunakan sistem daring, berdasarkan keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Menteri Agama. Dimana disampaikan bahwa zona merah tidak diizinkan pembelajaran secara tatap muka. Kendala daring di lapangan adalah faktor geografis, dan ekonomi wali murid untuk memenuhi sarana daring. Karena daring pula, kita minta guru-guru agar meningkatkan kompetensi IT,” kata Zainul.

==
LK-SURABAYA