Dmagd.id – Menanggapi komentar Sudirman Said yang meminta Minta Ma’ruf Amin jaga tutur kata, Wadir Penggalangan dan Jaringan TKN Jokowi Ma’ruf Dr. Syaiful Ma’arif.SH.MH.CN. menyarankan oposisi untuk jaga sikap. Menurut salah satu tokoh Pendiri Advokat Muslim Nasional dari Surabaya ini, apa yang sudah disampaikan Prof. Dr. (H.C.) KH. Ma’ruf Amin benar adanya, bukan Hoax bukan mencari perhatian. Menurutnya, Sudirman Said hanya baper, lebay, dan cenderung ingin memprovokasi dengan bermain di statement itu.

“Selama ini banyak sekali narasi politik dari pihak oposisi, selalu cenderung provokatif. Misalnya saja isu Freeport yang digoreng sedemikian rupa, padahal semua tahu betapa alotnya proses negosiasi itu karena berkaitan dengan hukum-hukum. Pak Dirman pasti paham akan hal ini, termasuk respon Sudirman Said tentang KH. Ma’ruf kali ini,” Jelas Syaiful Ma’arif kepada Dmagz.id, Selasa 01/01/2019.

Lebih lanjut Syaiful Ma’arif juga menyatakan bahwa statement KH. Ma’ruf Amin itu mungkin hanyalah bagian analogi saja. Itu juga mungkin karena sudah sangat gerah dengan beragam isu yang tidak produktif di masyarakat yang selalu di narasikan pihak oposisi selama ini, dan menyerang bukan hanya kinerja Jokowi, tapi juga secara personal.

“Apa yang disampaikan oleh KH. Ma’ruf Amin sudah benar adanya, bukan Hoax. KH. Ma’ruf mungkin hanya ingin mengatakan bahwa isu yang beredar di masyarakat tentang Jokowi adalah tidak benar, kalau kalimat ‘tidak pernah menculik’ itu hanyalah bagian dari analogi saja,” jelasnya lagi.

Foto : Dr. Syaiful Ma’arif bersama FORMAD (Forum Mahasiswa Madura) saat acara haul Gus Dur

Seperti yang sudah diberitakan di banyak media bahwa Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 Prabowo Sandi, Sudirman Said memprotes statement calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin yang kini berpasangan dengan Joko Widodo di Pilpres 2019.

Sudirman Said, sempat mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Tengah sebelumhya, tapi kalah dengan Pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen. Sudirman Said meminta agar KH. Ma’ruf untuk menjaga setiap perkataan terkait Jokowi yang tak pernah menculik atau membunuh seseorang.