Dmagz.id – Agenda Presiden RI Joko Widodo, dua hari kemarin berada di Jawa Timur. Beberapa kegiatan presiden terpusat di Surabaya selama seharian kemarin, Sabtu (02/02/2019).  Diantaranya adalah menghadiri Pembukaan Rapat BNPB se Indonesia di Jatim Expo Jl. Ahmad Yani Surabaya, dilanjutkan ke Gedung DBL Jl. Ahmad Yani Surabaya, menghadiri Sosialisasi tentang Dana Desa, hingga menghadiri acara kampanye calon presiden di Tugu Pahlawan Surabaya.

Baca juga : https://dmagz.id/politik/sehari-di-surabaya-panggilan-presiden-jadi-cak-jokowi

Dalam acara kampanye calon presiden kemarin, Jokowi mendapat dukungan dari beberapa komunitas alumni SMA/SMK, perguruan Tinggi, dan relawan-relawan Jokowi di Jawa Timur. Menurut panitia, peserta yang hadir bahkan mencapai belasan ribu orang. Bahkan, beberapa tokoh Jawa Timur dan Surabaya khususnya terlihat juga hadir dan memberikan dukungannya kepada calon presiden no. urut 01 Jokowi-Ma’ruf.

Tokoh Pengacara Surabaya Dr. Syaiful Ma’arif, La Nyalla Mattalitti yang juga pada pemilihan kali ini berbelok all out mendukung Jokowi-Ma’ruf, serta beberapa tokoh Surabaya seperti Bambang DH, dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang merupakan alumni Institut Tekhnologi Sepuluh Nopember (ITS Surabaya).

Tri Rismaharini yang dikenal dengan beragam prestasinya baik nasional dan tingkat international dalam kepemimpinannya terlihat menggunakan kursi roda, dengan kaos Arek warna biru bertuliskan Arek ITS 2019 pilih Jokowi, dibalut jaket berwarna merah.

Baca juga : https://dmagz.id/politik/faj-gelar-deklarasi-dukungan-jokowi-amin-di-tugu-pahlawan-surabaya-ada-risma-la-nyalla-hingga-gus-syauqi-putra-kh-maruf-amin

Selain itu di tempat terpisah, ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Erick Tohir ternyata juga berada di Surabaya. Erick Tohir memenuhi undangan dari komunitas KITA SATU yang juga berafiliasi dengan Tim Pemenangan capres no. urut 01 Jokowi-Ma’ruf. KITA SATU sendiri diisi oleh kalangan anak-anak muda millenial yang banyak mengkreasikan beragam bentuk kampanye dengan cara-cara yang kreatif.

Dalam diskusinya Erick Tohir menjelaskan tentang kinerja pemrintahkan Jokowi selama ini sudah sangat baik dan visioner. Hal itu menurutnya berdasarkan beberapa data-data yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga kredibel dunia, bahwa Indonesia adalah negara yang sangat potensial menjadi negara yang maju kedepannya. Oleh sebab itu, menurut Erick Tohir pentingnya menjaga optimisme terutama dikalangan millenial sebagai calon-calon pemimpin Indonesia di masa depan kelak.

“Pemilihan presiden hanya 5 tahun sekali, tapi Indonesia harus tetap ada untuk 100 tahun kedepan,” jelasnya disambut tepuk tangan para peserta diskusi.

Acara digelar di Gedung Srijaya, di Jl. Mayjen Sungkono, Surabaya. Hadir beberapa tokoh Surabaya dan Jawa Timur dalam acara ini. Seperti Emil Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih, Lukman Edy politisi PKB yang juga mantan menteri, serta Fandi Utomo yang saat ini mencalonkan diri sebagai Calon legislatif DPR-RI dari Partai Kebangkitan Bangsa.

Terkait acara ini koordinator KITA SATU, M. Pradana Indraputra menjelaskan bahwa ini merupakan langkah dukungan yang dipilih oleh kaum millenial dengan caranya.

“Kita punya tugas menjelaskan visi dan misi serta program dari Pak Jokowi,” jelas Indra.

Selain itu juga, kordinator KITA SATU Jawa Timur, Abraham Sridjaja menjelaskan kepada para  awak media setelah acara bahwa, Event seperti ini merupakan yang pertama, dan kedepannya akan banyak lagi event-event yang lebih menarik, lebih besar, melibatkan millenial, influencer, maupun tokoh-tokoh muda Jawa timur lainnya.

“Kami akan bekerja secara masif, saya di Jawa Timur dan mas Anas (M. Indra) di Nasional,” jelas Abraham optimis.

Acara ini dihadiri oleh beberapa tokoh muda Surabaya, mulai influencer digital, bahkan pengusaha-pengusaha muda yang selama ini memang relatif apatis dengan politik.

Tapi yang menarik, dari sekian banyak peserta tampak salah satunya adalah putra Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Fuad Benardi. Mas Fuad sapaan akrabnya, terlihat hadir dalam acara tersebut, dan ramah menyapa beberapa tamu yang hadir juga. Bahkan, menurutnya acara seperti ini memang bagus untuk terus dilakukan, khususnya di kalangan millenial.

Fuad juga mengapreasiasi acara yang diselenggarakan oleh KITA SATU di Surabaya, bahkan menurutnya hal itu perlu terus di dorong untuk terus berkolaborasi dengan komunitas-komunitas millenial lainnya.

“Acara ini bagus, nanti kami juga akan melakukan banyak hal untuk kemenangan Jokowi di kalangan millenial di seluruh Jawa Timur, khususnya Surabaya,” jelasnya.

Abraham Sridjaja yang merupakan Koordinator KITA SATU Jawa Timur, sebelumnya adalah profesional muda yang tahun ini akhirnya memilih langkah politik untuk mencalonkan diri sebagai calon legislatif DPRI-RI dari Dapil 1 Jatim (Surabaya – Sidoarjo). Abraham maju dari partai Golkar no. urut 5 dan merupakan caleg termuda di Jawa Timur, bahkan Indonesia.

Menurut Abraham Juga, sebagai generasi muda dirinya ingin ambil peran dalam membangun negara, salah satu caranya adalah mengajak para millenial agar tidak apatis terhadap politik, untuk perubahan yang lebih baik.

Baca juga : https://dmagz.id/politik/abraham-sridjaja-sebagai-koordinator-kita-satu-jatim-erick-tohir-optimis-bangsa-ini-tidak-didasari-pesimisme

LK-Surabaya.