Dmagz Indonesia – Mahfud MD berkeliling pesantren di Jawa Timur. Profesor bidang hukum Kelahiran Madura 13 Mei 1957 yang saat ini menjabat sebagai Menkopolhukam RI ini, bersilaturrahmi dengan banyak tokoh pesantren di Jawa Timur pada hari Kelima dan keenam kampanye Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 sebagai Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 berpasangan dengan Ganjar Pranowo, mantan Gubernur Jawa Tengah.

Kunjungan Mahfud MD diawali dengan bersilaturahmi ke pondok pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, Jombang. Sampai di Jombang, Mahfud MD berziarah ke makam Pahlawan Nasional sekaligus Pendiri Nahdhatul Ulama (NU) KH Wahab Hasbullah di Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang Sabtu siang (02/12/2023). Rombongan mantan Menteri Pertahanan era Gus Dur ini, tiba di kompleks Makam KH Wahab Hasbullah sekitar pukul 14.00 waktu setempat.

Mahfud MD menyampaikan bahwa kunjungannya merupakan momentum untuk mengingatkan masyarakat bahwa tokoh pendiri organisasi Islam terbesar di Indonesia, bahkan dunia ini, yaitu Nahdhatul Ulama, KH Wahab Hasbullah merupakan seorang tokoh nasionalis sejati.

“Kita semua tentu ingat yang sangat menginspirasi adalah nilai nasionalisme lewat hubbul wathan minal iman, itu lahir dari KH Wahab Hasbullah,” ungkapnya Sabtu (02/12/2023).