Dmagz.id – Wakil Walikota Surabaya Wisnu Sakti Buana memaparkan konsep Surabaya Kota Modern dihadapan Media. Wisnu Sakti Buana yang merupakan putra dari mantan Sekjen PDIP dan merupakan salah satu tokoh Surabaya, Ir. Soetjipto, disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat untuk menggantikan Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Dalam paparan yang berlangsung di Hotel Bumi Surabaya, Wisnu mengatakan bahwa konsep pembangunan yang ia tawarkan adalah konsep yang berkesinambungan yang telah dilaksanakan oleh Walikota Tri Rismaharini.

“Pada dasarnya konsep ini adalah kelanjutan dari program pembangunan yang telah dijalankan oleh Bu Risma, bahkan juga Walikota sebelum Bu Risma yaitu Pak Bambang DH”, ungkap pria yang akrab di sapa Cak Wisnu ini, di Hotel Bumi Surabaya siang tadi, Minggu (10/11/2019).

Mantan Ketua DPC PDIP Surabaya tersebut menegaskan bahwa konsep kota modern Surabaya meliputi semua lini, baik infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi rakyat.

“Kota modern Surabaya harus berpijak pada semua aspek pembangunan, baik pembangunan fisik maupun sumber daya manusia. Semua harus bisa bersinergi menuju Surabaya Kota Modern”, lanjut Wisnu.

Secara khusus Wisnu memberi point khusus dalam penataan transportasi. Kedepan transportasi akan mengandalkan jenis transportasi massal yang modern seperti Moda Raya Terpadu (MRT) atau Lintas Rel Terpadu (LRT).

“Kita ingin menghadirkan transportasi yang nyaman, aman dengan konsep modern. Transportasi ini kelak bisa mengatasi kepadatan lalu lintas di Surabaya”, tambah Wakil Walikota Surabaya ini.

Selain transportasi Wisnu juga ingin menghadirkan cita rasa pahlawan di Kota Surabaya. Selama ini meski berjuluk Kota Pahlawan namun kesan kehadiran para pahlawan nasional yang berasal dari Surabaya tidak terlihat, karenya Wisnu ingin memberikan sentuhan pahlawan agar orang yang datang ke Surabaya bisa merasakan  nilai nilai perjuangan para pahlawan.

Surabaya identik dengan pahlawan. Misalnya sang Proklamator, Ir Soekarno, dan beberapa tokoh perjuangan lainnya seperti, HOS Cokroaminoto, Sutomo atau lebih dikenal dengan sebutan Bung Tomo, dan beberapa tokoh yang lainnya. Namun menurut Wakil Walikota Surabaya ini, masyarakat Surabaya khususnya, belum merasakan kehadiran tokoh-tokoh tersebut di Surabaya.

“Ini menjadi bagian yang akan saya garap agar masyarakat tahu, ingat dan terinspirasi akan perjuangan tokoh tokoh besar Indonesia yang berasal dari Surabaya. Rencananya selain di hadapan media, gagasan dan ide pembangunan Surabaya Kota Modern juga akan disampaikan di DPP PDIP”, jelasnya lagi.

Bahkan, Wisnu juga mewacanakan ide dan gagasan besar ini juga akan disampaikan lewat DPP PDI-P, dan Megawati Soekarno Putri sebagai Ketua Umum.

“InsyaAllah gagasan besar membangun Surabaya juga akan saya sampaikan di DPP dan juga dihadapan Ibu Megawati selaku Ketua Umum PDIP”, pungkas Wisnu.

LK-SURABAYA.