Dmagz.id – Surabaya menjadi salah satu barometer pergerakan reformasi 1998 yang di motori para akademisi yang terdiri dari mahasiswa dan elemen bangsa lainnya. Bahkan sampai hari ini, banyak sekali para aktivis 98 masih bersuara lantang mengawal jalannya demokrasi di Indonesia. Salah satunya siang tadi siang, Kamis, 03/01/2019 salah seorang aktivis Surabaya, cak Kusnan memberikan kritik dan respon yang sangat unik atas beberapa informasi yang sedang hangat diperbincangkan publik saat ini, yaitu tentang 7 kontainer suara yang sudah di coblos untuk Jokowi – KH. Ma’ruf Amin dalam kontestasi pilpres 2019.

Cak Kusnan salah satu tokoh pergerakan di Surabaya yang masih konsisten ini, menyuarakan kritik kepada Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Andi Arief yang juga ikut memposting hal tersebut di akun twitternya.

Beberapa aktivis ini mengirimkan sebuah paket berisi suplemen, vitamin, dan buah-buahan. Hal ini dimaksudkan sebagai simbol bahwa Andi Arief sangat membutuhkan suplemen tersebut untuk menjaga kinerja otaknya yang dianggap sudah tidak berfungsi secara baik, makanya dibutuhkan beberapa vitamin dan buah-buahan untuk menjaga konsistensi otaknya. “Kami sebagai sesama mantan eksponen 1998, yang dulu sama-sama dengan Andi Arief berjuang jelang reformasi, merasa sangat malu dan prihatin. Aktivis kok melakukan pembodohan publik, bukannya mengedukasi publik dengan politik santun dan beradab,” ujar Koordinator Eksponen 1998 Surabaya, Kusnan, Kamis (3/1/2019). Lebih lanjut cak Kusnan menjelaskan bahwa ini merupakan bentuk rasa sayang kepada Andi Arief. Pihaknya mengirimkankan paket berisi vitamin dan buah-buahan yang dikirim ke Andi Arief. Suplemen yang dikirimkan adalah asam lemak omega-3 yang dihasilkan dari ikan. Kusnan mengatakan, omega-3 mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan otak, di antaranya membantu mencegah demensia alias gangguan daya ingat. “Seperti buah apel dan jeruk yang kami kirimkan ini, berdasarkan banyak referensi, mengandung zat yang dapat membantu melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain baik untuk otak, buah-buahan ini juga kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Ada pula vitamin B kompleks yang juga bermanfaat meningkatkan fungsi otak, seperti memperkuat memori dan konsentrasi. Vitamin tersebut melindungi saraf otak dari ancaman racun sel-sel saraf.” tambah cak Kusnan. Bahkan menurut cak Kusnan, jangan hanya karena nafsu politik Andi Arief menghalalkan segala cara, bahkan provokasi dan hoax.