Dmagz Indonesia –  Hari ini Pada 13 Agustus 2023, musisi Guruh Dhiemas resmi merilis single perdananya bertajuk Senandung Penantian. Produksi single tersebut dikerjakan oleh Pink Studio Recording. Sedangkan penggarapan video klipnya dilakukan oleh Julian Romadhon.

Lagu tersebut berjenis folk ballad dengan variasi etnik. Terutama pada sisi melodisnya. Senandung Penantian dibuka dengan bunyi kereta api, disusul intro yang mendayu.

Varian nadanya pun tak dapat ditebak. Berbeda dalam beberapa part, lalu kembali lagi pada nada reffrain di ujung lagu. Seolah berkisah tentang kerinduan atau kenangan yang dalam dan luas. Ada kalanya kenangan itu, terutama yang begitu kuat, akan kembali lagi dalam benak.

Dalam perilisan yang digelar di Rumah Budaya Rakyat, Jalan Karamenjangan no 21, Guruh menyebut bahwa ia memberi kebebasan bagi seniman lain untuk menginterpretasikan single-nya itu.

“Termasuk untuk sineas Julian Romadhon yang menggarap video klip Senandung Penantian. Juga, Robets Bayoned dan Luntas yang membuat pementasan ludruk mini,” ujarnya. Dalam rilis tersebut diadakan nonton bareng pemutaran perdana single Senandung Penantian. Kemudian pentas ludruk berjudul sama yang disutradarai oleh Robets.

Musisi Guruh Dhiemas rilis Single Senandung Penantian

Dalam video klip, Julian melibatkan beberapa aktor. Seperti penulis Heti Palestina Yunani, pengusaha Hisyam Kumkelo, Sahtanta Eka dari Pink Studio serta para member Luntas. Lokasi syutingnya diambil di Stasiun Gubeng dan Rumah Budaya Rakyat, Surabaya.

Julian menginterpretasikan Senandung Penantian sebagai kerinduan sepasang kekasih yang lama tak bertemu. Dalam video klip itu, keduanya bertemu, melepas rindu dengan saling berpelukan.

“Yang laki-laki lama merantau, lalu pulang dan mendatangi pujaan hatinya di panggung tobong ludruk. Karena kekasihnya itu merupakan seorang aktor Ludruk,” ujarnya julian.