Dmagz.id – Rotary International atau Rotary Club merupakan sebuah club yang tersebar di seluruh dunia dan anggotanya dipanggil Rotarian. Sedangkan anggota dari club ini terdiri dari para pengusaha dan profesional. Kiprah Rotary Club dalam kegiatan sosial sudah tak diragukan lagi. Misalnya, pada Jumat kemarin (22/11/2019) Rotary Club Indonesia telah meresmikan Pembangunan sekolah di Lombok Utara, pasca musibah gempa sebelumnya pada tanggal 05 Agustus 2018 silam, dengan kekuatan Gempa hingga 7 SR.

Acara peresmian dipusatkan di Dusun Rebakong Kecamatan Kayangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Acara di hadiri oleh Bupati Lombok Utara, Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH, bersama Distric Gubernur (DG) 3420 Rotary NTB Raden Ayu (RAy) Febri Hapsari.

Distric Gubernur (DG) 3420 Rotary NTB, Febri Hapsari menyampaikan harapannya bahwa, bantuan berupa bangunan sekolah dan lainnya dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, untuk tujuan membangun sumber daya generasi untuk masa depan. Bahkan, istri dari pangeran keraton Solo ini yaitu Gusti Pangeran Haryo (GPH) Dipokusumo juga menyatakan bahwa Rotary Club Indonesia, juga akan terus konsisten membantu persoalan sosial di masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar, mengungkapkan rasa bangganya atas bantuan yang diberikan oleh Rotary Club Indonesia. Hal ini menurutnya merupakan bentuk nyata humanisme.

Najmul Akhyar, juga menceritakan kisah menarik pasca Gempa yang melanda daerahnya. Saat itu terjadi gempa yang sama di Sulawesi yaitu di Palu. Sedangkan beberapa warga Lombok masih tinggal di tenda pengungsian. Yang menarik adalah, beberapa anak justru turun dan membawa kotak serta menggalang bantuan untuk korban gempa di Palu. Padahal, mereka sendiri masih berada di lokasi pengungsian.

Bahkan, beberapa masyarakat di Desa Gumantar, juga bahu-membahu mengumpulkan hasil bumi mereka secara berkelompok, sehingga terkumpul dalam jumlah besar. Selanjutnya, hasil bumi tersebut,  dijual dan dari hasil penjualannya disumbangkan ke Palu.

“Kami juga dari pemerintah dan masyarakat lainnya mengumpulkan donasi dengan mendatangkan Kyai Abdullah Bin Bahtiar. Alhamdulillah kita dapat jumlah yang cukup besar dan kami kirim ke palu,” ungkap Najmul dalam sambutannya.

Lokasi bangunan sendiri berada di tiga lokasi yaitu PAUD di dua Kecamatan yaitu PAUD AISYAH di Dusun Tanak Muat Kecamatan Bayan, PAUD Karya Lotara Dusun Temuan Sari dan PAUD Nurul Huda Dusun Rebakong.

Beberapa anggota Rotary Club Indonesia hadir saat acara peresmian ini. Salah satunya dari anggota Surabaya Central Rotary Clubs Sopomhore interact dan beberapa dari daerah lain juga. diantaranya, GPH Dipokusumo, Dicky Galvanker, Ashish Tiwari, Sanjana Bhat, Manoj Bhat, dan Dr. Syaiful Ma’arif.

Menurut Dr. Syaiful Ma’arif, SH., MH., CEO dari kantor Hukum SM&P Law Office yang juga ikut dalam rombongan ini menyatakan bahwa hal ini merupakan aksi sosial yang sangat luar biasa dari Rotary Club. Menurutnya, hal ini layak di apresiasi.

“Langkah ini perlu kita apresiasi, karena langkah yang dilakukan Rotary Club dengan memberikan bantuan langsung berbentuk bangunan, bisa langsung dirasakan dan digunakan oleh masyarakat, orang tua dan anak-anak untuk mengikuti pendidikan, dan kembali membangun mimpi mereka di masa depan”, jelas Wakil Sekjen DPN Peradi SAI ini.

Bahkan, Dr. Syaiful juga menjelaskan bahwa kontribusi Rotary sendiri di Lombok ini sebenarnya memang sudah sejak 2018 lalu. Tak hanya bangunan sekolah, beberapa bantuan juga sudah di berikan misalnya bantuan berupa rumah tinggal sementara bagi warga terdampak gempa, hingga saat ini pemukiman ini bernama Kampung Rotary. Dan kisah menarik lainnya adalah, ada salah satu warga yang melahirkan bayi mereka saat menerima bantuan tempat tinggal ini hingga nama Rotary pun disematkan pada nama si anak.

LK-SURABAYA.