Dmagz Indonesia – Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, dan merupakan salah satu kota destinasi bisnis. Sebagai kota metropiltan, tentunya Surabaya selalu menjadi tujuan untuk dikunjungi banyak orang dari berbagai daerah dari luar kota Surabaya. Namun, dibalik sibuknya kota Surabaya, kota Pahlawan ini juga juga kaya akan khazanah rasa, yaitu memiliki ragam wisata kuliner dan oleh-oleh yang telah menjadi satu bagian tak terpisahkan saat berkunjung ke Surabaya.

Sambal Udang Bu Rudy yang melegenda, dan Kerupuk Ikan Kenjeran, adalah beberapa oleh-oleh yang selalu diburu wisatawan saat ke Surabaya. Ada juga kue Spikoe, Kue khas asal Surabaya kuning dan cokelat, yang konon sudah ada sejak zaman pra kemerdekaan Indonesia. Spikoe ini

Salah satu kue Spikoe yang ramai pengunjung adalah Spikoe Lusi. Menurut Lusiana, owner Spikoe Lusi dirinya menggeluti sejak tahun 2005 lalu. dirinya berkomitmen akan terus melestarikan jajanan khas Surabaya ini. Bahkan, menurutnya banyak cerita suka dan duka bagaimana dirinya jatuh bangun untuk menjaga konsistensi produksi dan distribusinya. Saat ini Spikoe Lusi akhirnya banyak beredar di Surabaya, bahkan kota-kota sekitar Surabaya juga.

Lusiana, Owner sekaligus Pemilik Spikoe Lusi

Cerita berawal dari tahun 2002 Lusiana sedang bekerja di salah satu toko oleh-oleh di Surabaya,. Hingga pada tahun 2005 Lusiana memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan mencoba menjual jajanan khas Surabaya sendiri dengan dukungan suaminya.

“Pada tahun 2002 saya cuman pekerja, bekerja di salah satu toko oleh-oleh di Surabaya, hingga pada tahun 2005 saya memberanikan diri untuk buka usaha sendiri dengan dukungan suami”, ceritanya Rabu, 2 Agustus 2023.