Dmagz.id – Ada temuan uang sebesar Rp 253 juta dan 102 juta di Jalan Gayungsari terkait pemilu di Surabaya pada Senin malam kemarin (15/04/2019). Menindak lanjuti hal tersebut, akhirnya Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Surabaya bersama dengan Bawaslu Suranaya menggelar rapat tertutup hari ini di kantor Bawaslu Jatim di Jl. Arief Rahman Hakim, Surabaya.

Kronologinya adalah Polisi berhasil mengamankan sebuah mobil yang ternyata berisi uang ratusan juta pukul pukul 05.30 WIB pada Selasa dini hari kemarin di Gayungan, Surabaya. Terkait hal tersebut Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera menjelaskan kepada wartawan dari keterangan beberapa orang yang diamankan bersama uang tersebut, bahwa uang tersebut akan digunakan untuk honor saksi dari Partai Gerindra.

“Ada uang ratusan juta yang kami dapatkan di Gayungan,” jelas Barung di Polda Jatim Selasa (16/04/2019) dikutip dari detik.com

Sedangkan Koordinator Gakkumdu Kota Surabaya juga menyampaikan bahwa dari total uang Rp253 juta dan Rp102 juta yang diamankan dari dua orang yang berbeda, ialah terdiri dari pecahan 100 ribuan dan pecahan 50 ribuan.

“Uang pecahan 100 ribu dan pecahan 50 ribu dibungkus dengan kertas coklat,” jelas Usman kepada wartawan Selasa (16/04/2019).

Gakkumdu sendiri adalah sebuah lembaga yang terdiri dari bawaslu, polisi dan kejaksaan. Sampai sejauh ini, Usman juga menjelaskan kepada awak media bahwa lembaganya masih berhati-hati untuk menentukan status ratusan juta uang tersebut.

“Kami sangat hati-hati menentukan statusnya. Kalau ini uang saksi harus ada bukti dokumen SK dan keterangan dari Pengurus Partai Politik,” jelas  Usman lagi.

LK-Surabaya.