Dmagz.id – Berbicara mengenai bisnis akan selalu menjadi topik pembicaran yang sangat menarik. Salah satu tema bisnis yang sangat menarik dan sedang menjadi primadona saat ini adalah bisnis kuliner.

Dalam perkembangan terkahir, setidaknya beberapa tahun terkahir ini,  selalu ada yang ide-ide kreatif baru dari bisnis kuliner, bahkan tak hanya itu saja, di Surabaya sendiri, bisnis kuliner tumbuh pesat bak jamur di musim hujan.

Dibalik peluang yang besar tersebut, pastinya juga ada tantangan besar pula yang harus dipecahkan oleh para pemilik bisnis kuliner saat ini. Karena, jika tidak menemukan ide-ide kreatif dan inovatif, maka sudah bisa dipastikan bisnis kuliner tidak akan bisa bertahan lama, karena akan kalah bersaing dengan kompetitor yang selalu muncul setiap saat dengan beragam kreatifitas dan inovasi yang tidak pernah habis yang bermunculan setiap waktu.

Namun, menurut Julius Komang, owner dan founder restoran Sushi Suteki, salah satu restoran yang menjual makanan Jepang, bahwa tak hanya inovasi namun ada beberapa faktor yang juga harus diperhatikan ditengah ketatnya persaingan bisnis kuliner saat ini.

”Berdasarkan pengalaman saya selama sembilan tahun menjalankan bisnis kuliner, ada delapan faktor utama yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis kuliner,” jelas Julius Komang, Owner dan founder restoran Sushi Suteki kepada awak media, Sabtu (04/01/2020).

Pengusaha kuliner yang saat ini sudah memiliki 60 lebih outlet ini, berbagi resep suksesnya yang menurutnya ada delapan poin penting. Dari delapan resep tersebut, pria yang hanya lulus SMA ini berhasil memiliki Iima jenis bisnis kuliner, dengan enam puluh outlet yang tersebar di Pulau Jawa.

“Perencanaan ide, trategi, taktik, value, budgeting, marketing & promosi, serta manajemen restoran & business scale. Delapan faktor tersebut yang selama ini saya pegang untuk menjalankan bisnis kuliner hingga saya memiliki Iima jenis bisnis kuliner dengan enam puluh outlet yang tersebar di Pulau Jawa,” ungkapnya.

Saat ini, setelah dirinya berhasil membangun bisnis kulinernya, dirinya masih memiliki sebuah visi untuk membagikan ilmu dan resep suksesnya kepada semua orang yang ingin berbisnis mulai dari awal. Untuk mewujudkan hal tersebut, dirinya membuat wadah khusus berupa website yaitu www.juliuskomang.com dimana dalam website tersebut akan berisi tips dan sharing tentang dunia bisnis kuliner. Hal ini, menurutnya agar bisa membantu para pengusaha kuliner, khususnya yang baru memulai bisnis tanpa memiliki latar belakang kompetensi.