Dmagz.id – Dalam memperingati maulid nabi Muhammad Saw, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin menggelar acara Peringatan di Jakarta, kemarin Jumat 8 November 2019. Bertempat di Istana Negara, acara peringatan diisi dengan uraian hikmah oleh Guru Besar UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. H. Abdul Djamil, M.A.

Profesor Abdul Djamil dalam tausiahnya menjelaskan bahwa Nabi Muhammad selaku teladan umat mampu memimpin dan menjadikan umat untuk mengubah orientasi kepentingan diri sendiri menjadi kepentingan bersama. Teladan yang ditunjukkan Rasulullah tersebut menjadi ikon transformasional yang berkaitan dengan perkembangan peradaban dewasa ini yang menuntut kerja keras, inovasi, dan kreativitas untuk kemajuan dan keunggulan bangsa.

“Artikulasi tokoh sentral seperti Nabi Muhammad dapat dipandang sebagai ikon panutan dalam memimpin umat yang percaya diri di tengah-tengah tantangan,” ujar profesor Abdul Djamil dalam tausiyahnya.

Senada dengan hal itu, Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin yang juga sebelumnya merupakan tokoh ulama, memberikan sambutannya dan menyampaikan bahwa Rasulullah merupakan tokoh perubahan yang luar biasa dan mampu mengubah masyarakat di zamannya menjadi menjadi masyarakat yang memiliki semangat juang yang tinggi.

Wakil Presiden juga melanjutkan, bahwa perubahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad tersebut merupakan perubahan yang menyentuh manusianya di mana Rasulullah menanamkan perubahan akidah, cara berpikir, dan perilaku masyarakat.

“Semangat perubahan seperti yang dilakukan Rasulullah itulah yang ingin kita contoh dan teladani dalam rangka membangun Indonesia yang lebih baik. Mengubah Indonesia dari negara yang berpendapatan menengah menjadi negara yang berpendapatan tinggi, mengubah Indonesia menjadi Indonesia Maju,” jelas Wakil Presiden.

Dalam berbagai forum sebelumnya, Presiden Jokowi ataupun K.H Ma’ruf Amien selalu menyampaikan bahwa misi pemerintahan ini selama 5 tahun kedepan, akan fokus pada pembangunan sumber daya manusia. Pada momentum maulid Nabi Muhammad Saw ini, Wakil presiden juga menyatakan bahwa sosok Muhammad Saw bisa menjadi tokoh inspirasi dalam membangun Indonesia dengan sumber daya manusia yang lebih baik kedepannya.

“Mudah-mudahan semangat Rasulullah Saw, akan memberikan inspirasi dan merupakan dorongan semangat dalam rangka kita membangun Indonesia ke depan,” tambah K.H Ma’ruf Amien yang juga merupakan ketua Majelis Ulama Indonesia sebelum menjabat Wakil Presiden.

Sebagai tambahan informasi, peringatan Maulid Nabi tahun ini mengusung tema “Meneladani Akhlak Rasulullah saw. untuk Indonesia Unggul dan Maju”. Dalam acara yang memang rutin dilaksanakannya setiap tahun ini, turut hadir sejumlah jajaran Kabinet Indonesia Maju, sejumlah pimpinan ormas Islam, hingga perwakilan negara sahabat.

LK-SURABAYA