Dmagz.id (Lombok) – Pandemi Covid-19 masih mewabah di hampir semua negara di dunia. Namun bukan berarti setor pariwisata seperti hotel dan penginapan tidak bisa berjalan lagi. Sambil menantikan vaksin Covid_19 yang diharapkan bisa segera terwujud, laju bisnis harus terus berjalan dengan menerapkan konsep new normal atau tatanan kehidupan baru yang mengutamakan kebersihan dan kesehatan.

Untuk itu, manajemen Aruna Senggigi Resort & Convention mempersiapkan diri menghadapi era new normal dan menjadi hotel pilot di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang menerapkan konsep new normal dengan menyiapkan Standard Operational Procedure meliputi protokol kesehatan dan fasilitas pendukung lainnya. Hal-hal yang dipersiapkan, diantaranya adalah semua restoran, meeting room serta fasilitas umum menerapkan pola menjaga jarak atau physical distancing, sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah setempat. Beberapa upaya dilakukan, contohnya seperti Pada area lobby atau Front Office, mulai saat ini mulai menerapkan protokol physical distancing untuk menjaga antrian tamu tetap berjarak minimal 1 meter. Juga, penyediaan alat kebersihan bagi para tamu, seperti hand sanitizer, masker gratis, tisu basah antiseptik, penyemprotan antiseptik, dan atau tanda atau petunjuk di tempat mana saja alat-alat tersebut tersedia dan dapat digunakan.

Para tamu akan melewati prosedur protokol kesehatan sebelum dan selama berada di area Hotel, yang meliputi pengecekan suhu tubuh, penyemprotan antiseptic, serta penggunaan masker di seluruh area hotel. Untuk sistem pembayaran sendiri, pihak hotel juga telah menyediakan sistem pembayaran online untuk transaksi pembayaran di Front Office atau di restoran yang ditujukan untuk mengurangi kontak fisik antara tamu dan petugas hotel atau restoran.

Selain itu juga pihak hotel akan menerapkan Standard Operational Procedure Food Safety yang mencakup pengolahan makanan, pengemasan makanan, pembuangan limbah, penggunaan Alat Pengaman Diri (APD) dan lain sebagainya. Dan tentunya nantinya juga berkenaan dengan enerapan protokol alur keluar masuk karyawan untuk memastikan seluruh karyawan yang bertugas dalam kondisi sehat.

General Manager Aruna Senggigi Hotel & Convention, Weni Kristanti menyampaikan bahwa, pelaksanaan sosialisasi secara masif dan intensif tidak hanya dilakukan kepada industri perhotelan saja, tapi juga disosialisasikan kepada industri lain yang terkait dengan sektor pariwisata. Misalnya saja seperti, transportasi umum, sarana dan fasilitas umum, serta kepada masyarakat umum. Sehingga diharapkan dalam hal ini, Aruna Senggigi dan seluruh pemangku kepentingan dapat berkembang bersama-sama demi kepentingan bersama.

“Sekalipun perhotelan merupakan industri yang pertama kali terkena dampak, dan yang terakhir dalam proses pemulihan, namun sejalan dengan berbagai perkembangan yang terjadi dewasa ini, diharapkan industri pariwisata dan juga industri perhotelan secara bertahap akan bergerak ke pemulihan”, ungkapnya Rabu (03/06/2020).

Lebih lanjut, perempuan yang energik dan sudah malang melintang di dunia hospitality ini juga memaparkan bahwa saat ini pemerintah daerah, bersama-sama dengan seluruh instansi terkait dari pihak swasta di Lombok, saat ini sedang melalukan upaya terbaik untuk mempersiapkan era new normal, sehingga pada saatnya nanti diharapkan wisatawan yang berencana untuk berkunjung atau berwisata ke Lombok dapat merasa aman dan nyaman untuk berkunjung ke Lombok seiring dengan pulihnya kepercayaan publik untuk kembali melakukan perjalanan.

“Hal ini tentunya harus diiringi dengan pola hidup bersih dan sehat yang diterapkan oleh masing-masing individu. Tanpa adanya kedisiplinan tinggi dari masing-masing individu, tatanan hidup baru serta protokol kesehatan yang dicanangkan oleh pemerintah tidak akan dapat terlaksana dengan baik. Kita tentunya menginginkan masa pandemi ini segera berakhir, oleh karenanya, mari bersama-sama menerapkan pola hidup bersih dan sehat sesuai dengan anjuran pemerintah, demi kepentingan bersama,” pungkasnya.

==
LK-SURABAYA