Dmagz.id (Surabaya) – Semakin berkembangnya industri, pemanasan global menjadi hal yang juga perlu dipikirkan. Semakin berkembang dan masif nya pembangunan, terutama dalam dunia perhotelan yang merebak, sangat berdampak kepada bumi dan lingkungan. Dampak ini begitu signifikan dengan berkurangnya lahan terbuka hijau, dan merebaknya rumah kaca terutama di kota-kota besar dan metropolitan.

Hal ini disadari betul oleh Alila Solo sejak proses awal pembangunan hotel ini. Alila Solo menerapkan konsep bangunan ramah lingkungan. Hal ini dilakukan, semata-mata untuk mendukung setiap langkah yang dilakukan semua pihak dalam mengembalikan ekosistem dan kelestarian alam.

Hotel bintang lima bertaraf Internasional yang terletak tepat di tengah kota Solo ini, terus melanjutkan komitmen tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan, adalah dengan penggunaan beberapa desain dan sistem yang dirancang khusus dengan konsep eco-friendly. Rancangan konstruksi bangunan yang sejuk agar bisa meminimalkan penggunaan AC, sistem pencahayaan yang tidak menggunakan tenaga listrik secara keseluruhan, hingga penerapan Sewage Treatment Plant yaitu pengolahan limbah air secara maksimal, dimana limbah air terolah dan bisa digunakan kembali untuk menyiram sejumlah tanaman yang pada area hotel. Seluruh hal tersebut diterepkan untuk menjaga kelestarian lingkungan.