Dmagz.id (Surabaya) – Ditengah Pandemi seperti saat ini, butuh kepedulian dari berbagai pihak untuk terus bersama-sama membangun kebersamaan untuk menghadapi beragam tantangan yang datang. Hal ini pula yang dilakukan oleh sejumlah tokoh dan aktivis di Kota Surabaya, untuk mendeklarasikan Gerakan Jogoboyo. Salah satu gerakan yang menggandeng setiap unsur golongan yang ada di Surabaya untuk bersama-sama menjaga kota Surabaya.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Gerakan Jogoboyo H. Akhmad Badruttamam (Cak Taman) bahwa, gerakan Jogoboyo ini merupakan inisiatif dari banyak tokoh muda kreatif yang ada di Surabaya, yang selama ini mempunyai visi sama dalam menciptakan hal-hal yang produktif, untuk membangun Surabaya lebih baik lagi kedepannya.

“Banyak tokoh yg bergabung. Kalangan pemuda, pelajar, aktivis partai juga budayawan dan seniman. Misi kita sama yaitu menjaga Surabaya dan memberdayakan masyarakat”, ujarnya saat diskusi bersama di Surabaya Jumat (22/01/2021).

Bahkan, menurutnya Gerakan Jogoboyo juga telah mendapatkan restu dari Mensos Tri Rismaharini, yang juga merupakan mantan Walikota Surabaya sebelumnya selama dua periode. Demikian juga dari kepolisian telah memberikan lampu hijau untuk bersinergi. Hal ini tidak lepas dari keberadaan Gerakan Jogoboyo yang juga akan membantu polisi dalam berbagai aktivitas khsusunya seputar edukasi sosial dan ketertiban masyrakat.

“Bu Risma sewaktu menjabat Walikota Surabaya sangat mendorong gerakan ini segera diwujudkan, karena program kerjanya sangat membantu Pemkot Surabaya dalam pemberdayaan masyarakat. Demikin pula dengan kepolisian. Kita sdh melakukan pertemuan dengan Kapolrestabes Surabaya dan beliau sangat mendukung”, tambahnya.

Secara struktur, nantinya Jogoboyo akan juga ada dan hadir di setiap wilayah di Surabaya, baik dari level Kecamatan bahkan sampai Rukun Tetangga dan Warga (RT/RW).