Dmagz.id – Akhir-akhir ini, Suasana kita Surabaya sangat berbeda. Warga Surabaya dimanjakan dengan beragam bunga warna-warni yang menghiasi beberapa ruas jalan di Surabaya. Bunga Tabebuya mekar indah di Surabaya dan membuat pemandangan kota Surabaya semakin indah dimata. Tapi benarkah, bunga Tabebuya cuma indah?

Ternyata, selain indah bunga Tabebuya yang sebenarnya adalah tanaman asli hutan hujan Amazon, yang juga bisa banyak ditemui di Amerika bagian tengah dan selatan serta wilayah tropis Meksiko ini memiliki beberapa manfaat juga bagi lingkungan.

Tabebuya sendiri jika dikutip dari Wikipedia bernama latin Handroanthus chrysotrichus. Dan pohon ini memiliki beragam jenis, bahkan hingga mencapai 100 spesies pohon di dunia.

Seiring bermekaran nya bunga Tabebuya di Surabaya, banyak orang mengira bahwa bunga ini adalah bunga Sakura seperti di negara Jepang, padahal bukan. Sekilas, bunga ini memang memiliki kemiripan dengan bunga Sakura di negeri Sakura Jepang. Namun, ternyata dua spesies tanaman ini sangatlah berbeda.

Ada beberapa kelebihan dari tanaman ini. Contohnya adalah, Selain bunga Tabebuya dan daunnya tidak mudah rontok, dan ketika berbunga, tanaman ini terlihat sangat memukau dengan keindahan bunganya yang warna-warni serta lebat. Cocok sekali sebagai tanaman hias. Sedangkan akar dari bunga ini, walaupun memiliki karakter barang yang keras, serta ukuran yang tinggi, namun akara pohon ini, tidak akan menyebabkan rusak bangunan.

Habitat asli Tabebuya ini juga berasal dari tempat dengan keadaan iklim kering. Maka tak heran, di Indonesia bunga ini cocok bahkan, Tabebuya akan mampu bertahan hidup di wilayah dalam kondisi kemarau seperti musim yang dimiliki Indonesia.
Karakter warna bunganyapun sangat beragam. Tapi pada umumnya berwarna cerah, seperti putih, merah, pink serta kuning dengan bentuk seperti corong sepanjang 5 hingga 8 cm. Bahkan bisa mencapai 15 meter.

Selain itu juga, pohon Tabebuya ini ternyata jika ditanam di sepanjang jalan, akan mampu menyerap polusi yang dihasilkan dari asap kendaraan bermotor, serta juga mampu berkontribusi dalam mengurangi gas rumah kaca khususnya seperti di perkotaan besar seperti Jakarta atau Surabaya. Sehingga, dengan tumbuhnya pohon Tabebuya ini, diharapkan akan mampu mengurangi efek dari suhu bumi yang semakin panas, dengan seiring meningkatnya tingkat polusi dan pemanasan global di seperti saat ini. Selain juga memang sangat indah dinikmati sepanjang jalan yang ditanami pohon ini.

LK-SURABAYA.