Surabaya 08 September 2021 – Kondisi pandemi covid-19 yang msih berlangsung mendorong ternyata justru mampu menggugah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sidoarjo berpikir solutif dan melahirkan inovasi. Salah satunya dengan membentuk program untuk mempermudah layanan perekaman e-KTP bagi masyarakat terutama yang sudah berusia lanjut, dan para penyandang disabilitas. Program tersebut diberi nama DILAN (Disabilitas dan Lanjut Usia).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sidoarjo Redy Kusuma, menyampaikan bahwa dengan Program Dilan, mereka yang masuk golongan ODGJ, disabilitas dan lansia tidak perlu lagi datang ke kantor kecamatan untuk pengurusan administrasi kependudukan.

Redy Kusuma juga menambahkan bahwa Program baru ini juga sudah berjalan, namun juga tetap membutuhkan peran dari sektor pemerintahan di tingkat bawah baik kelurahan dan kecamatan. Karena nantinya Dispendukcapil akan menampung permintaan perekaman, setelah itu petugas langsung akan turun ke rumah warga.

“Kita akan menerapkan layanan di tempat. Karenanya kita membutuhkan pelaporan dari bawah dan kita akan datang kepada mereka yang berstatus disabilitas, lansia dan ODGJ”, ujarnya.

Berdasarkan data Dispendukcapil Sidoarjo, banyaknya penyandang disabilitas dan lanjut usia yang belum melakukan perekaman, disebabkan karena warga kesulitan datang ke kantor kecamatan, apalagi juga dalam kondisi pandemi covid-19 yang terjadi saat ini.