Dmagz.id – Gubernur Kalimantan Utara Dr. H. Irianto Lambrie dilantik sebagi Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Kalimantan Utara Bersama Dewan Pengurus Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Kalimantan Utara, Keduanya dilantik langsung oleh Ketua DPN PERADI DR. Juniver Girsang, SH. MH. di Tanjung Selor (3/4/19)

 

Lambrie mengatakan pihaknya menyadari setelah dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Kehormatan Daerah Kaltara akan mengemban tugas yang berat sesuai yang disampaikan oleh ketua DPN Peradi dan Amanah AD-ART untuk mengawasi, memeriksa dan mengadili para advokat yang melanggar aturan, “ini merupakan tugas yang berat bagi kami”.

 

Di depan pengurus DPN Peradi dan tamu undanga Lambrie mengatakan, dirinya dulu bercita-cita ingin jadi ahli hukum tapi takdir menentukan berbeda yang akhirnya kuliah di pertanian, namun dirinya bersyukur meski tidak berlatar Pendidikan hukum tapi banyak belajar memahami soal hokum.

 

Berbicara advokat menurutnya adalah sebuah profesi yang dilindungi undang-undang. Yaitu, Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2003, tentang advokat, advokat juga merupakan salah satu bagian dari lembaga hukum yang ada di Indonesia selain Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan.

 

Hukum merupakan suatu hal yang fundamental. Salah satu indikasi, suatu daerah atau negara, dinilai beradab apabila hukumnya ditegakkan dengan baik. Hukum juga menjadi bagian dari syarat negara demokrasi. Seperti kita ketahui, ada 5 syarat sebuah negara demokrasi. Yaitu, partai politik, ada lembaga perangkat hukum, penyelenggara pemilu, pemerintahan yang legitimit dan yang kelima pers.

 

Hukum erat kaitannya dengan keadilan, juga bersentuhan dengan hak asasi manusia, serta menegakkan hak warga negara, dan hak negara atau pemerintah. Hukum sangat penting. Meskipun suatu negara memiliki ekonomi maju, politik yang baik, bisa hancur kalau hukum tidak ditegakkan dengan baik.

 

Ditempat yang sama Wasekjen DPN Peradi DR. Syaiful Ma’arif, SH. CN. MH. Mengatakan , Kaltara ini merupakan DPC baru karena Provinsi kaltara merupakan provinsi baru hasil pemekaran dari Kalimantan timur Pihaknya berterimakasih atas kesedian Gubernur Kaltara Dr. H. Irianto Lambrie untuk mengemban amanah sebagai Ketua Dewan Kehormatan Daerah Peradi Kalimantan, ini merupakan pilihan terbaik, kedepan DPC Peradi Kaltara dapat turut andil dalam menegakkan hukum dan keadilan di Kalimantan utara ini