Dmagz.id Surabaya – Pecinta alam tak hanya tentang mendaki gunung. Mereka juga bisa membuat kegiatan-kegiatan sosial, salah satunya seperti yang ditunjukan oleh sekelompok anak muda pecinta alam Arek Rungkut Pecinta Alam (Arungpala) yang menggelar lomba menjelang perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Arungpala menginisiasi perlombaan bagi warga menjelang hari kemerdekaan yang ke 77 tahun.

“Sudah 2 tahun terakhir tidak ada kegiatan seperti ini karena pandemi. Kami mencoba mengajak warga bersama-sama menggelar kegiatan ini untuk memberikan ruang kegembiraan bagi anak-anak khususnya di Rungkut Tengah ini”, ungkap Choirul Rijal, Sekretaris Arungpala di sela-sela lomba.

Ia juga menyampaikan bahwa anak-anak terlihat sangat antusias dengan adanya lomba yang biasanya memang digelar menjelang 17 Agustus setiap tahunnya.

“Kami hanya ingin memberikan ruang alternatif pasca pandemi. Anak-anak butuh ruang berinteraksi satu sama lain”, tambahnya.

Arungpala secara swadaya dan independent juga menggalang dana antar anggota sebagai hadiah yang akan dibagikan kepada para pemenang lomba.

“Bukan nilai hadiah yang jadi target kami, tapi rasa kebersamaan yang erat antar warga, semangat gotong royong yang ingin kami lestarikan sebagai budaya bangsa ini”, pungkas Rijal.