Dmagz.id – Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI) bekerjasama dengan Direktorat Jendral Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia melaksanakan pendidikan intensif dan ujian bagi calon kurator dan Pengurus di-seluruh Indonesia.

Pendidikan ini bisa diikuti oleh Advokat, Accounting, dan kejaksaan sebagai kurator, untuk pelaksanaan tugas dilapangan nantinya.

Ada beberapa syarat dan beberapa tahapan yang harus dipenuhi oleh para peserta untuk bisa mendapatkan sertifikat ini. Beberapa diantara adalah pendidikan, ujian tulis, dan ujian lisan.

Bertempat di Redtop Hotel Jl. Pecenongan No.72 – Gambir, Jakarta Pusat, Pendidikan ini diadakan mulai Senin, 03 Desember sampai dengan hari Sabtu, 15 Desember 2018.

Dalam sambutannya Ketua IKAPI Oscar Sagita, SH.MHum mengatakan bahwa, pendidikan intensif ini dilakukan atas kerja sama dengan Dirjen AHU Kementerian Hukum dan HAM RI tahun 2018. Dan tahun ini merupakan angkatan yang ke-VIII.

Menurut Oscar, hal ini bagus dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi peserta yang ingin memiliki sertifikat profesi dalam rangka pelaksanaan tugas sebagai kurator dan pengurus kedepannya.

Untuk tahun ini Ada peningkatan kuota peserta dari sebelumnya oleh Dirjen AHU. Kuota sebelumnya yang biasanya hanya berkisar antara 50 – 60 Peserta, tapi untuk tahun ini dari 100 peserta yang di targetkan, hadir 98 yang mendaftar sebagai peserta. Dan harapannya, seluruh peserta ini akan sukses dan lulus dalam ujian tertulis maupun ujian lisan nantinya.

“Saya berharap kesemuanya bisa lulus ujian tertulis dan lisan seratus persen. Karena saya meminta kepada para peserta pendidikan untuk mengikuti seluruh pendidikan yang dilakukan agar memiliki ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan”, jelas Oscar.

Beberapa tahapan yang harus dijalani seluruh peserta dalam pendidikan ini adalah, Pendidikan Intensif terlebih dulu, yang selanjutnya dilakukan ujian tulis, serta ujian lisan yang akan dilakukan oleh Komite Bersama dari 3 Organisasi Kurator dan Pengurus IKAPI, AKPI, dan HKTI dengan Dirjen AHU.

Disisi lain Ketua Panitia Pendidikan Insentif Dr. Lenny Nadriana, SH.MH. menyampaikan bahwa, Pendidikan dan ujian tertulis serta lisan ini, diharapkan memiliki kualitas hasil Kurator dan Pengurus yang mumpuni dan memiliki skill yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam penyelesaian kewajiban pembayaran hutang dan melakukan pengurusan dan pemberesan harta pailit.