Dmagz.id,  Surabaya – Khofifahh Indar Parawansa dan Emil Dardak resmi menjabat Gubernur Dan Wakil Gubernur Jawa Timur seiring dengan terbitnya “Surat Keputusan Presiden Nomor 2/P Tahun 2019 tanggal 8 Januari tentang Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Presiden Joko Widodo, melantik Khofifah  Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur pada Rabu (13/2/2019) sore.

Prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan surat keputusan presiden oleh Presiden  kepada Khofifah dan Emil. Penyerahan  surat keputusan ini dilaksanakan di Ruang Kredensial, Istana Merdeka.

Setelah itu, Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri, dan Khofifah serta Emil berjalan bersama-sama dari Istana Merdeka menuju ke Istana Negara untuk melaksanakan pelantikan.

Sejumlah pasukan kirab lengkap dengan alat musik mengiringi perjalanan rombongan. Prosesi pelantikan di Istana Negara diawali dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan presiden tentang pelantikan Khofifah beserta Emil.

Acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan. Presiden Jokowi yang memimpin prosesi pengambilan sumpah jabatan ini.