Dmagz.id – Kontingen Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Jawa Timur yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PORNAS) KORPRI XV/2019 di Kota Pangkal Pinang, Prov. Bangka Belitung (Babel) akhirnya berhasil meraih Juara Umum ke-II dengan meraih 5 Medali Emas, 5 Medali Perak, dan 7 Medali Perunggu.

Predikat tersebut dibawah Kontingen Jawa Barat sebagai Juara Umum ke-I dengan perolehan 7 Medali Emas, 2 Medali Perak dan 8 Medali Perunggu. Sedang Juara Umum ke-III diraih Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan mengumpulkan 5 Medali Emas, 3 Medali Perak dan 2 Medali Perunggu.

Perhelatan PORNAS KORPRI XV kali ini diikuti 34 provinsi dan 36 kementerian/lembaga seluruh Indonesia. Perhelatan dua tahunan itu melibatkan 4.116 atlet dengan memperebutkan 38 Medali Emas, 38 Medali Perak dan 60 Medali Perunggu di 8 cabang olah raga (Cabor). Kedelapan cabor tersebut diantaranya Senam KORPRI, Futsal, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Bola Volley, Catur, Bulu Tangkis, dan Lari 10 K.

Di laga PORNAS KORPRI XIV/2017 di DI Jogjakarta, Kontingen Jatim berada di peringkat ke 7 dengan raihan 1 Medali Emas, 6 Medali Perak, dan 8 Medali Perunggu. Kali ini, atas restu Gubernur Jatim Ibu Khofifah Indar Parawansa, Kontingen KORPRI Jatim berhasil menjadi runner up  dibawah Jabar.

Mewakili Ketua Dewan Penasihat (DP) KORPRI Jatim, Sekretaris KORPRI Jatim Anom Surahno, SH, MSi menerima Trophy Juara Umum ke II yang diserahkan langsung oleh Ketua DP Pusat KORPRI Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh.

“Tim PORNAS KORPRI Jatim dibawah pimpinan Sekdaprov Jatim, selaku Ketua Dewan Penasihat (DP) Prov. Jatim, Dr. Heru Tjahjono atas arahan dan nasihat Gubernur Jatim Ibu Khofifah, tahun ini diperkuat sejumlah 119 atlet,” jelas Anom Surahno.

Pria yang menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Prov. Jatim itu mengatakan, perolehan medali emas yang diraih kontingen Jatim berasal dari Cabor Senam Korpri, Tenis Lapangan Beregu Putra, Tenis Lapangan Ganda, Catur Beregu dan Tenis Meja Ganda Putri. Sedang Medali Perak, dipersembahkan dari Cabor Lari 10 K (2 medali), Tenis Meja Tunggal Putra (1 medali), Bulutangkis Beregu Putri dan Ganda Putri (2 medali). Sedang Medali Perunggu diraih dari Cabor Lari 10 K (1 medali), Tenis Meja Beregu Putri dan Tunggal Putri (2 Medali), Bulutangkis Beregu Putra, dan Tunggal Putri (2 medali), serta Tenis Lapangan (2 medali).

“Saya bersyukur dan berterima kasih, bahwa jerih lelah teman-teman Korpri Jatim telah membuahkan hasil yang tidak sia-sia,” ungkap Anom Surahno.