“Keren abiss, nanti anaknya kasih nama ‘Bangkit Nasional,” timpal @YusufNusantara.

“Sah! Merdeka!,” ucap akun @Im_Human27.

Selain kedua mempelai, antusiasme warga Jateng menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan sikap sempurna juga terlihat di banyak tempat lain. Di mall Citraland Kota Semarang misalnya, sejumlah karyawan dan pengunjung dengan kompak berdiri dan ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ada juga penumpang bus Trans Jateng yang semuanya berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya di dalam bus. Juga ada ASN Pemprov Jateng, ASN Kabupaten/Kota di Jateng, honorer, petugas lapangan dan lainnya semangat menyanyikan lagu kebangsaan itu.

“Saya mengapresiasi respon masyarakat di berbagai tempat yang mau mengikuti gerakan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama pada kebangkitan Hari Kebangkitan Nasional ini. Saya sudah banyak mendapat banyak kiriman video dan semuanya keren,” kata Ganjar.

Ganjar menambahkan, menyanyikan lagu kebangsaan sebenarnya sudah berjalan di Jawa Tengah. Misalnya sebelum dimulai apel, lagu-lagu kebangsaan sudah dikumandangkan lebih dulu sambil menunggu kawan-kawan ASN masuk ke barisan apel. Kemudian setiap sore saat hendak pulang juga dikumandangkan lagu Bagimu Negeri.

“Tapi kali ini momentum kebangkitan nasional itu kita dorong bersama dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama pada pukul 10.00 WIB. Ternyata responsnya luar biasa bahkan tadi dari Kemenag juga menyampaikan di masjid-masjid siap. Lalu ada kampus juga siap, desa siap, dan perusahaan siap,” katanya.

Ganjar berharap momentum Hari Kebangkitan Nasional ini bisa menjadi kekuatan dan spirit untuk bangkit sebagai bangsa besar dan bisa kuat menghadapi pandemi.

“Kita tunggu semuanya agar kita juga bisa bangkit sebagai bangsa yang besar. Kita juga hadapi pandemi ini dengan baik dan kita musti disiplin semuanya,” pungkasnya. (Lk-Surabaya)