Surabaya, 23 November 2021 – Berbagai langkah terus dikembangkan oleh BPJS Kesehatan dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik untuk akses kesehatan masyarakat. Kali ini, BPJS Kesehatan kembali menghadirkan inovasi terbarunya untuk terus juga memaksimalkan pelayanan bagi peserta JKN di Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP). Program ini bernama BPJS Satu (BPJS Siap Membantu) FKTP.

Kepala bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Wiedho Widiantoro menyampaikan bahwa dengan adanya petugas BPJS Satu pada FKTP ini diharapkan untuk kedepannya, peserta JKN akan dapat terlayani lebih baik, dan juga dalam rangka meminimalisir keluhan agar segera dapat tertangani dengan maksimal.

“Jadi misalkan nanti ada laporan maupun informasi, dari petugas FKTP nya yang akan berkoordinasi dengan petugas BPJS satu”, tulis Wiedho melalui rilis media 23 November 2021.

“Karena fokus utama petugas BPJS Satu ini adalah menyampaikan informasi dan penanganan pengaduan termasuk bayi baru lahir dan denda layanan,” tambahnya.

Untuk prosesnya, Wiedho menambhakan bahwa nantinya di FKTP, nomor ponsel petugas BPJS Satu FKTP disampaikan langsung kepada peserta yang membutuhkan bantuan. Selanjutnya, peserta bisa menghubungi petugas melalu pesan whatsapp, dan petugas BPJS Satu FKTP akan membantu menyelesaikan keluhan permasalahan yanh sedang dialami.

Eka Wahyudi Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Surabaya menambahkan, jika program BPJS Satu, khususnya di FKTP terdiri dari klinik dan puskesmas telah dikembangkan sejak tahun 2021. Hal tersebut ungkap Eka, merupakan langkah optimalisasi pelayanan BPJS Kesehatan, yang harapannya peran petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan di FKTP menjadi efektif sebagai ruang koordinasi, komunikasi dan tindak lanjut.

“Terutama agar pencatatan spesifikasi pemberian informasi dan pengaduan lebih termonitor melalui aplikasi, sehingga bisa kita evaluasi”, jelasnya.