Dmagz.id (Surabaya) – Menghadapi perubahan cuaca dari musim kemarau menuju musim penghujan, jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto melakukan apel siaga pada wilayah hukum Polres Mojokerto (Operasi Aman Nusa II), pada Jumat pagi (06/11/2020).

Dalam hal ini, Pjs Bupati Mojokerto Himawan Estu Bagijo, Dandim 0815 Letkol Infanteri Dwi Mawan Sutanto, serta Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander. Kegiatan apel bersama ini guna memastikan kesiapan tanggap bencana. Meliputi pengecekan peralatan dapur umum tagana, team satuan tanggap bencana BPBD, peralatan bencana seperti perahu, mobil tanki, mobil damkar, peralatan kesehatan dari Tim PMI Kabupaten Mojokerto, dengan dibantu personil Satpol PP dan Relawan.

Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander dalam amanat menyampaikan apresiasi, kepada seluruh personil dan stakeholder yang sudah bekerja mempersiapkan kesiapan tanggap bencana. Apalagi BMKG pusat sudah memberikan peringatan bencana tahunan yang sering terjadi di Indonesia seperti banjir, longsor, angin kencang juga kebakaran hutan dan lahan. Menurut Dony, diperlukan rencana yang baik dalam penanganan bencana maupun pasca bencana.

“Bencana alam ini suatu waktu pasti akan berubah, maka rencana juga pasti berubah. Kita perlu melaksanakan review berdasarkan rencana kontijensi, melakukan latihan-latihan simulasi, agar rencana dapat berjalan baik. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha kuasa senantiasa memberikan kekuatan dan perlindungan kepada kita sekalian”, ungkap Kapolres Mojokerto dalam amanat apel.

Senada dengan hal tersebut, Pjs Bupati Himawan Estu Bagijo juga menyampaikan bahwa saat ini pemerintah sudah menyiapkan berbagai keperluan. Mulai logistik, tim kesehatan hingga personil siaga.