Kegiatan Pemutaran Video Museum Sandi dan Virtual Tour di Instagram tidak hanya akan menampilkan berbagai koleksi yang ada di museum tersebut, melainkan juga sisi lain dari Kotabaru sebagai kawasan bersejarah. Ada pula simulasi teknik menyadap informasi yang membawa pengunjung dalam suasana kerja Badan Siber dan Sandi Negara.

Hal menarik yang ditampilkan adalah perubahan-perubahan lokasi Dinas Kode pada tahun 1940-an selama menempati kawasan Kotabaru. Belum banyak yang tahu bahwa kawasan ini menyimpan sejarah kelahiran persandian negara yang merekam informasi-informasi penting pasca Kemerdekaan dan Agresi Militer Belanda II di Yogyakarta.

Dari kegiatan Wajib Kunjung Museum ini tentu kita dapat mengenal Museum Sandi sebagai lembaga resmi yang mewadahi berbagai edukasi tentang sejarah sandi negara sekaligus sebagai ruang informasi bagi masyarakat luas.

Kegiatan Wajib Kunjung Museum merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Sebelum pandemi menyerang, kegiatan Wajib Kunjung Museum dilaksanakan secara langsung dengan mengundang siswa-siswa sekolah untuk berkunjung ke museum-museum di Kota Yogyakarta untuk mengenal berbagai koleksi museum dan cerita sejarah dibalik koleksi-koleksi tersebut.

Di tahun ini, karena Kota Yogyakarta masih dalam status siaga pandemi, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta selalu berupaya untuk berinovasi supaya kegiatan Wajib Kunjung Museum dapat dilaksanakan dan dinikmati dengan mengadakan pemutaran video museum dan virtual tour. (Redaksi)