Surabaya, 16 Oktober 2021 – Mobil lama ini sebenarnya bisa menjadi tunggangan istimewa dengan penambahan atau penggantian beberapa bagian kendaraan kesayangan kita bisa menjadi nyaman seperti mobil baru. Sejumlah bengkel variasi mobil sudah menyediakan program untuk membuat mobil lama ini jadi senyaman seperti mobil baru.

Bagi sebagian masyarakat pandemi ini menjadi saat untuk menahan diri, dan memanfaatkan sebaik baiknya apa yang dimiliki. Misalnya ada mobil lama yang masih layak untuk digunakan, kita remajakan jadi seperti mobil baru.

”Jadi selain menghemat keuangan,  kebutuhan yang lainnya juga bisa tercukupi,” jelas Jason dari Fitgloss Auto Care Center, Jemursari, Surabaya.

Mobil lama masih menurut Jason, bisa menjadi senyaman mobil baru dengan perawatan yang teratur. Terutama misalnya mengganti beberapa bagian bila memang harus diganti yang baru, agar semua fungsi mobil bisa maksimal. Beberapa bagian perawatan mobil, bisa dilakukan sendiri di rumah, karena mudah dan tidak sulit. Namun, jika tak ada waktu atau ingin lebih maksimal bisa dibawa ke bengkel salon mobil.

Jason juga menawarkan beberapa tips menarik agar mobil kesayangan menjadi nyaman dikendarai saat digunakan beraktivitas. Ada beberapa item yang perlu jadi perhatian seperti melihat bagian interiornya. Ada beberapa item yang perlu dicek misalnya, kebersihan dashboard mobil.

“Ada pembersih berupa cairan khusus yang aman untuk membuat dashboard ini tampil seperti baru,” ungkap Jason.

Selanjutnya, kebersihan karpet lantai dan jok atau cover jok mobil. Pada mobil lama, bagian jok ini selalu ada noda yang menempel dan sulit dibersihkan jika tidak dirawat, begitu juga dengan karpet lantai.

“Jangan buru-buru memutuskan untuk mengganti jok atau cover jok, coba dibersihkan lebih dulu, dengan sabun cukup, lalu disikat pelan pelan,” tambah Jason.

Selanjutnya, atap atau plafon. Mobil lama, biasanya cenderung kusam, karena disebabkan usia mobil, atau bisa juga karena polusi dari asap. Masih menurut Jason, plafon mobil lama bisa kembali bersih dan enak dilihat dengan dengan rutin membersihkannya dengan air dan sabun, lalu sikat pelan pelan. Dan selanjutnya, kebersihan panel display informasi yang ada di dashboard. Ini juga harus diperhatikan, bila perlu lampu-lampu panel yang sudah mati segera diganti dengan yang baru.

Jason juga menambahkan, pemakaian kaca film juga disesuaikan sesuai dengan kondisi. Disarankan tidak terlalu gelap atau sbealiknya juga terlalu terang, untuk kenyamanan saat digunakan.

Selain interior, bagian luar mobil atau eksterior juga harus sama diperhatikan. Hal ini juga mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Misalnya secara umum kebersihan bodi kendaraan mobil menjadi yang utama. Namun bila cat sudah mulai pudar, maka opsi untuk pengecatan ulang bisa dilakukan.

“Bila cat masih bagus cukup dipoles saja hingga kembali kinclong. Bisa juga dengan penambahan coating agar lebih tahan lama dan terjaga kinclongnya,” jelas Jason.