Dmagz.id – Pemerintah Kabupaten Mojokerto segera menyiapkan bilik sterilisasi tubuh, untuk mencegah sebaran Corona Virus Disease atau Covid-19. Bilik ini rencananya akan ditempatkan di beberapa titik vital seperti fasilitas umum, dan tempat pelayanan publik di Kabupaten Mojokerto.

Hal ini dijelaskan Bupati Mojokerto Pungkasiadi, saat menerima bantuan Coorporate Social Responsibility (CSR) pencegahan Covid-19 dari PT. Telkom Indonesia, Kamis (26/03/2020) siang di Pendapa Graha Majatama, Mojokerto.

“Pemkab sedang menyiapkan bilik sterilisasi. Itu nanti akan segera kita cukupi di beberapa tempat, seperti fasilitas umum dan pelayanan publik. Kita harus siap lawan Corona,” tegas bupati.

Bupati Mojokerto ini menyatakan bahwa saat ini pihaknya juga terus melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi memerangi penyebaran Covid-19 pada masyarakat. Salah satunya adalah Pemkab Mojokerto melakukan langkah-langkah preventif dengan menggalakkan penyemprotan disinfektan ke desa-desa di Kabupaten Mojokerto.

“Hari ini ada full penyemprotan disinfektan di Kecamatan Sooko”, ungkap Bupati Mojokerto.

Selain itu juga, salah satu hal yang dilakukan adalah dengan model ledang, yakni menyiapkan mobil keliling untuk memberikan edukasi masif ke desa-desa, agar masyarakat paham tentang virus ini dan paham apa yang harus dilakukan.

“Ini nanti juga dilakukan di kecamatan lain sesuai jadwal. Ini termasuk bentuk edukasi nyata lawan Covid-19. Selain itu, kita juga laksanakan edukasi model ledang (mobil penerangan informasi keliling) di desa-desa agar masyarakat makin paham,” imbuhnya.

Bupati yang akrab disapa Abah Ipung ini tak lupa menekankan pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dibarengi dengan taat imbauan danemgikuti segala protokol yang sudah diterapkan oleh pemerintah, terutama terkait hal pencegahan Covid-19.

“PHBS harus dilakukan dan dibiasakan. Masyarakat juga harus taat imbauan pencegahan Covid-19 yang bisa dilakukan sendiri. Diantaranya rajin cuci tangan dengan sabun selama 20 detik, memakai masker bila sakit, juga taat social distancing atau jaga jarak,” ungkapnya lagi.

Sebagai tambahan informasi, bahwa hari ini PT. Telkom Indonesia memberikan bantuan antara lain 30 botol cairan disinfektan, 24 buah hand spray disinfketan, 10 dus sarung tangan, 10 botol hand sanitizer serta 8 dus masker.

Bantuan diterima langsung Bupati Pungkasiadi didampingi Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pertanian serta Kepala Dinas Tenaga Kerja.

Untuk perkembangan Covid-19 saat ini di Jawa Timur, per hari ini tanggal 26 Maret 2020 yaitu yang sudah positif sebanyak 59 orang, sedangkan yang meninggal dunia akibat Covid-19 sebanyak 3 orang, dan yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 7 orang.

LK-SURABAYA.