Dmagz.id (Surabaya) – Menginjak hari ke 3 pelaksanaan PSBB, mobilitas masyarakat di Surabaya Raya makin terkendali. Sayangnya situasi tersebut tidak berbanding lurus dengan jumlah pasien positif Covid-19 yang terus bertambah. Bahkan hari ini berdasarkan data dari Kemenkes, jumlah pasien positif Covid-19 bertambah 86 orang di Jawa Timur.

Jumlah tersebut hari ini tertinggi di Indonesia. Penambahan tersebut menjadikan jumlah seluruh pasien positif Covid menjadi 958.

Sementra untuk yang sembuh atau terkorfirmasi negatif bertambah 5 orang. Total sampai dengan hari ini jumlah yang sembuh berjumlah 157 orang. Untuk yang meninggal saat ini telah mencapai 96 orang.

Dokter Kohar Hari Santoso, Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur mengungkapkan, tingginya penambahan pasien positif tersebut tidak terkait dengan PSBB. Mereka adalah pasien lama yang sebelumnya berstatus PDP maupun ODP.

“Penambahan 86 ini tidak terkait dengan PSBB. Karena mereka ada sebelum penerapa PSBB. Status mereka kan sebelumnya PDP atau ODP. Jadi ini pasien lama yang meningkat statusnya menjadi pasien positif,” ujar dokter Kohar .