Dmagz.id – Surabaya memang menjadi motor utama saat perang kemerdekaan 10 Nopember sekitar 75 tahun yang lalu. Maka, tak heran setiap tahunnya selalu ada acara khusus di Surabaya tentang hari pahlawan khususnya 10 Nopember. Seperti tahun ini, dalam rangka menyongsong Hari Pahlawan 10¬† Nopember, Pemkot Surabaya kembali menggelar Parade Surabaya Juang 2019. Setiap tahunnya selalu ada sebuah parade bertema “Surabaya Juang” yang selalu di selenggarakan Pemkot Surabaya.

Antiek Sugiharti Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Surabaya menyampaikan, Parade Surabaya Juang adalah momentum istimewa untuk kembali mengingatkan khususnya generasi muda Surabaya akan perjuangan besar Arek-arek Suroboyo di masa perjuangan sebelum kemerdekaan.

“Parade Surabaya Juang akan selalu ada, karena ini adalah cara utk mengingat kembali betapa besar jasa Arek Arek Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan”, ungkap Antiek Sugiharti Sabtu, (09/11/2019).

Dan setiap tahunnya, Parade Surabaya Juang selalu diikuti oleh ribuan masyarakat Surabaya dari berbagai komponen. Bahkan, Walikota Surabaya Tri Rismaharini juga terlihat antusias saat mengikuti longmarch bersama ribuan warga Surabaya, dengan berseragam baju pejuang, diatas Tank Anoa.

Sedangkan untuk rute longmarch tahun ini, dimulai dari Tugu Pahlawan dan berakhir di Taman Bungkul. Dan sepanjang rute yang di lalui oleh para peserta Parade Surabaya Juang merupakan jalan yang menjadi saksi sejarah perjuangan kala itu.

Hal ini juga disampaikan oleh Antiek Sugiharti, bahwa rute sepanjang Tugu Pahlawan hingga Taman Bungkul mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Alasannya menurut Antiek karena saat 10 Nopember 1945 para pejuang menggunakan jalur ini menuju medan pertempuran di kawasan Tugu Pahlawan.

Sementara itu sepanjang rute yang di lalui para peserta juga menampikan berbagai atraksi yang menghibur masyarakat. Ada aksi teatrikal yang ditampilkan oleh peserta Parade, dimana cerita yang diusung tentunya adalah yang menggambarkan pertempuran 10 Nopember.

Sedangkan Tri Rismaharini, Walikota Surabaya yang berada di atas Tank Anoa juga tampak ramah menyapa warganya, dan sumringah sembari melambaikan tangannya kepada seluruh peserta Parade.

“Aku seneng rek, mugo-mugo arek arek Suroboyo yo melok senenng karo acara iki (saya senang, semoga warga Surabaya juga senang ikut acara ini : red)”, ujar Walikota¬† disela sela acara Parade Surabaya Juang.

LK-SURABAYA