Dmagz.id (Surabaya) – Walupun secara pasti belum ada obat atau vaksin untuk Covid-19, namun selama ini banyak sekali yang sudah mengklaim sudah menemukan obat mujarab untuk Covid-19. Yang terbaru adalah datang dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang mengklaim telah berhasil menemukan formula untuk melawan virus Corona, dan diklaim menjadi yang pertama di dunia. Unair dalam hal ini tidak sendirian, tapi juga bekerjasama dengan lembaga negara seperti TNI AD dan BIN. Bahkan, mereka sudah menyelesaikan tahapan uji klinis 3 kombinasi obat formulanya.

“Tentu karena ini akan menjadi obat baru, maka diharapkan ini akan menjadi obat COVID-19 pertama di dunia,” ujar Rektor Unair, Prof Nasih dalam rilis media via Humas Unair Surabaya Selasa (18/08/2020).

Namun temuan ini, mendapat respon dari ahli epidemiologi dari Universitas Indonesia Pandu Riono. Di beberapa media Pandu diberitakan mengancam menggugat apabila BPOM memberi izin untuk produksi massal hasil penemuan tersebut. dikutip dari Tempo.co Pandu Riono mempermasalahkan prosedur penelitian obat yang dilakukan, karena hal tersebut disebutnya dengan melalui jalan pintas.

Baca juga : https://dmagz.id/umum/menuju-500-kampus-terbaik-dunia-tokoh-alumni-unair-surabaya-audiensi-dengan-rektor