Dmagz.id (Surabaya) – Memperingati hari lahir Bung Karno, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kebangsaan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menggelar Pameran Lukisan bertajuk “Pancasila dan Bung Karno”, tepat di tanggal kelahiran bapak sang proklamator yang jatuh hari ini, Senin (21/06/2021).

Kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh UKM penciri Kampus Merah Putih ini terlaksana di Plasa Proklamasi, Graha Wiyata lantai 1, Untag Surabaya. Dengan menerapkan protokol kesehatan, 30 seniman yang berasal dari beberapa komunitas, diantaranya dari Ikatan Wanita Pelukis Indonesia, Ikatan Pelukis Cat Air Surabaya dan Perupa Jawa Timur ikut meramaikan pameran ini.

Wakil Walikota Surabaya, Ir. Armudji, MH., memberikan apresiasi terhadap Untag Surabaya, sekaligus berkenan membuka acara pameran ini. Menurutnya, tidak banyak kampus yang memperingati bulan Bung Karno, sebagai bapak bangsa Indonesia. Terlebih, panitia penyelenggara ini masih merupakan para mahasiswa.

“Saya mengapresiasi terhadap adek-adek UKM Kebangsaan. Ini menunjukkan Untag Surabaya mengingat betul bahwa bung Karno merupakan Bapak Bangsa Indonesia,” ungkap Armudji.

Sebenarnya, kegiatan serupa bukanlah yang pertama kali digelar dan dilakukan oleh kampus dengan sebutan kampus merah putih ini. Beberapa acara juga selalu diselenggarakan oleh Untag Surabaya dalam memperingati bulan Bung Karno, juga bulan Pancasila.

Rektor Untag Surabaya, Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA menuturkan bahwa sosok Bung Karno, tak bisa dilepaskan dari cikal bakal berdirinya Untag Surabaya.