Dmagz.idForum Kiai Kampung Nusantara (FKKN) dari seluruh Jawa Timur melakukan kegiatan pengukuhan pengurus di Surabaya pada Selasa malam (29/1/2019).

Bertempat di Gedung Islamic Center Surabaya, acara ini di hadiri oleh beberapa pengurus FKKN Jawa Timur, dan dihadiri juga oleh Yenny Wahid sebagai Ketua Konsorsium Kader Gus Dur. Acara pengukuhan dilakukan sekaligus sebagai peringatan haul Gus Dur yang ke Sembilan. Haul Gus Dur sebelumnya juga sudah dilaksanakan di Ciganjur beberapa bulan lalu, dan dihadiri oleh banyak tokoh nasional, bahkan Presiden Joko Widodo juga hadir dalam acara doa bersama.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Ketua FKKN KH. Abdul Tawwab dan Yenny Wahid juga membuat sikap politik dengan mendeklarasikan untuk mendukung pasangan calon nomor urut 01 di Pilpres 2019, Jokowi- KH Ma’ruf Amin.

Ketua FKKN Jawa Timur KH Abdul Tawwab menyatakan komitmennya bahwa pihaknya akan lurus dan utuh mengikuti arah dukungan Yenny Wahid, sebagai bentuk perjuangan kepada nilai-nilai Gus Dur selama hidup.

“Kami mendukung pasangan nomor 01 karena untuk membawa wawasan yang diajarkan Gus Dur untuk utuhnya NKRI, yang merupakan warisan para ulama,” jelas Abdul Tawwab.

Disamping itu, Ketua Konsorsium Kader Gus Dur,  yang juga putri ke  empat Presiden Indonesia, Yenny Wahid memberikan apresiasi yang baik terhadap langkah-langkah yang dilakukan oleh Kader Gus Dur di seluruh Nusantara, termasuk FKKN yang memang secara historis sudah memiliki kedekatan emosional dan ideologi dengan Gus Dur di masa lalu. Termasuk arah dukungan politik yang sudah dilakukan selama ini dengan bentuk konsolidasi ke alat rumput dan sosialisasi konkrit untuk pemenangan calon Presiden Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

“Gerakan dari Kiai Kampung ini menjadi sangat penting, karena masuknya serangan hoax maupun fitnah yang ditujukan kepada pasangan calon 01,” jelas Yenny Wahid kepada awak pers semalam.

Lebih lanjut, Yenny Wahid juga menegaskan bahwa, pengukuhan pengurus FKKN ini yang juga merupakan salah satu organ dalam Konsorsium Kader Gus Dur, dalam rangka mengantisipasi hoax atau berita bohong yang terus digulirkan di kalangan grass root dan berpotensi menyulut perpecahan antar saudara.

“Ini harus dijawab dengan gerakan yang door to door sifatnya dan langsung menyentuh masyarakat di tingkat bawah, itu yang punya stamina militansi maupun sentuhan sampai ke bawah itu Kiai Kampung, jadi saya datang kesini untuk memberikan dukungan langsung secara moral atas gerakan yang dilakukan oleh Kiai kampung,” jelasnya lagi.

Sekedar informasi bahwa Konsorsium Kader Gus Dur sebelumnya sudah mendeklarasikan diri untuk mendukung pasangan calon presiden no. urut 01 yaitu Jokowi-Ma’ruf KH.Ma’ruf Amin dalam kontestasi pilpres 2019. Bahkan Yenny Wahid sudah berkomitmen akan all-out untuk memenangkan paslon no. urut 01 agar mencapai kemenangan maksimal seperti yang diharapakan mayoritas masyarakat Surabaya, khususnya Kader Gus Dur di seluruh Nusantara.

Beberapa Konsorsium Kader Gus Dur diantaranya adalah : Forum Profesional Peduli Bangsa, Barikade Gus Dur, GATARA, Forum Kyai Kampung Nusantara, Garis Politik Al Mawardi, Komunitas Santri Pojokan, Jaringan Perempuan NKRI, Millenial Political Movement, dan Satuan Mahasiswa Nusantara.

LK-Surabaya.